Blog Toko
Temukan event, kabar terbaru, dan promosi terbaru di sini!
Apr 05, 2021
Tips Mudah Merawat Diffuser Agar Awet Dan Tahan Lama


Essential oil menjadi salah satu pilihan yg efektif untuk membantu menjaga kesehatan. Penggunaan essential oil juga tentu saja aman karena terbuat dari berbagai tanaman herbal alami.


Bahkan beberapa essential oil juga aman digunakan untuk bayi asalkan mengikuti aturan pakai yang sudah disesuaikan.


Essential Oil bisa digunakan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut.


Topikal


Cara menggunakan essential oil dengan mengoleskannya langsung pada kulit. Cara penggunaan essential oil ini harus ditambahkan dengan minyak pendamping atau carrier oil (misal minyak kelapa atau minyak zaitun) dengan perbandingan takaran yang sesuai agar tidak menimbulkan efek negatif. Bagi kamu yang memiliki kulit yang sensitif, lebih baik mencoba nya terlebih dahulu sebelum menggunakannya langsung dalam jumlah banyak untuk memastikan cocok atau tidaknya kamu menggunakan minyak esensial.


Menghirupnya Secara Langsung


Essential Oil juga ada yang berbentuk roller. Selain dapat digunakan langsung pada area yang kamu inginkan, kamu juga bisa menghirupnya secara langsung untuk memberikan efek segar dan menenangkan.


Menggunakan Diffuser


Salah satu cara asyik dalam menggunakan essential oil yaitu menggunakan alat yang dinamakan Diffuser sebagai aromaterapi.

Penggunaan essential oil dengan menggunakan Diffuser tidak hanya memberikan manfaat untuk diri sendiri tapi juga orang lain yang berada di ruangan tersebut. Bagi yang sudah berkeluarga, penggunaan essential oil dengan cara ini dirasa paling efektif untuk menjaga kesehatan keluarga bersama.


Berbicara mengenai Diffuser, kamu juga harus teliti dalam membeli Diffuser. Karena tidak sedikit orang yang terkecoh karena bentuknya yang mirip, mereka mengira Humidifier sebagai Diffuser. Karena Diffuser dan Humidifier jelas memiliki fungsi yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaan Diffuser dan Humidifier kamu bisa lihat pada artikel sebelumnya.


Diffuser dibandrol dengan harga yang tidak murah. Untuk itu kamu harus pintar-pintar merawat Diffuser agar awet dan tahan lama.


Tidak hanya dari segi keawetan Diffuser saja, tidak merawat Diffuser justru akan membuat fungsi Diffuser sendiri berubah. Penggunaan Diffuser yang harusnya memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan lewat essential oil yang diuapkan, justru sebaliknya dapat menyebarkan debu,bakteri dan kuman ke udara karena kondisi Diffuser yang kotor karena tidak dirawat. Hal tersebut tentu dapat memicu alergi baik pada kulit maupun pernapasan.


Meski terlihat sepeleh, masih banyak kesalahan dalam merawat Diffuser yang orang-orang lakukan.


Untuk menghindari kesalahan dalam merawat Diffuser, simak beberapa tips merawat Diffuser agar awet dan tahan lama.


Matikan Diffuser


Setelah selesai pemakaian, jangan lupa untuk mematikan Diffuser dengan cara menekan tombol off. Jangan lupa untuk cabut adabtor dari stop kontak. Hal ini penting sekali dilakukan selain agar Diffuser tidak mudah rusak juga dapat mencegah terjadinya konsleting listrik.


Kosongkan Tangki Air


Tidak sedikit orang yang membiarkan air sisa pemakaian essentisl oil begitu saja di dalam Diffuser. Padahal hal ini dapat menjadi salah stu penyebab Diffuser menjadi cepat rusak. Apabila selesai menggunakan Diffuser, kosongkan sisa air pada tangki air Diffuser. Air yang terlalu lama digunakan di Diffuser akan berubah menjadi bau. Jadi sering-seringlah mengganti air pada Diffuser. Jika tidak ingin menggunakannya lagi, lebih baik buang sisa air yang ada pada tangki air Diffuser.


Keringkan Tangki Air Diffuser


Setelah sisa air dibuang, keringkan tangki air Diffuser menggunakan kain bersih. Untuk menghilangkan sisa-sisa minyak dari essential oil, kamu bisa bersihkan tangki air menggunakan kapas. Jika dirasa masih kurang bersih, tangki air Diffuser bisa kamu cuci, pastikan air tidak mengenai bagian lubang udara Diffuser. Dalam membersihkan Diffuser, hindari pembersih yang mengandung alkohol seperti tisue basah misalnya.


Cara Menggunakan Diffuser


Cara menggunakan Diffuser juga mempengaruhi keawetan Diffuser sendiri. Untuk itu kamu harus memperhatikan cara yang benar dalam menggunakan Diffuser agar Diffuser kamu awet dan tahan lama. Seperti dalam pengisian air, pastikan untuk tidak mengisinya langsung dari sumber air seperti keran misalnya. Kamu bisa mengambil air mnggunakan wadah seperti gelas, baru dimaukkan ke dalam Diffuser. Pastikan air yang terisi tidak penuh. Cukup 2/3 dari kapasitas maksimum.


Apr 02, 2021
Tips Dan Rekomendasi Essential Oil Yang Aman Untuk Bayi

Essential oil sudah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak dari zaman dahulu.


Minyak essential oil memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu mampu meningkatkan kesehatan tubuh maupun emosional, baik untuk kecantikan tubuh seperti menjaga kesehatan kulit dan rambut, menghilangkan stress serta dapat menenangkan pikiran.Manfaat essential oil lengkap bisa Anda lihat pada artikel sebelumnya.


Amankah Essential Oil untuk Bayi?


Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, tapi perlu diperhatikan bahwa essential oil tidak dapat digunakan untuk bayi dibawah usia tiga bulan (< 3 bulan).


Hal itu dikarenakan kondisi kulit bayi masih tipis serta sistem imun atau kekebalan tubuh bayi dibawah usia tiga bulan masih belum sempurna.


Jadi, untuk bayi dibawah tiga bulan, disarankan untuk tidak menggunakan  minyak esensial. Di atas usia tersebut, Anda boleh menggunakan essential oil untuk bayi Anda namun dengan aturan dan takaran yang sudah ditentukan.


Rekomendasi Essential Oil Yang Aman Untuk Bayi


Semua jenis essential oil memberikan efek samping yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun jika digunakan untuk bayi walaupun di atas usia tiga bulan, tidak semua jenis essential oil memberi efek baik bagi kesehatan tubuh.


Jadi, sekali lagi, Anda tidak boleh asal menggunakan essential oil untuk bayi.

Ada beberapa essential oil yang diperbolehkan untuk digunakan pada bayi. Berikut ini rekomendasi essential oil yang aman untuk bayi:


Essential Oil Lavender


Essential oil yang aman digunakan untuk bayi yang pertama yaitu essential oil lavender.


Essential oil lavender ini cocok sekali digunakan saat bayi Anda  rewel dan susah tidur. Karena kandungan yang ada pada bunga lavender salah satunya yaitu mampu merilekskan sehingga bayi Anda jadi lebih tenang dan mudah tidur.


Penggunaan minyak esensial lavender pada bayi juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan imun bayi. Karena essential oil lavender mengandung antioksidan sehingga bayi tidak mudah sakit dan dapat mencegah flu dan pilek.


Penggunaan minyak esensial lavender dapat membuat bayi terbebas dari gangguan serangga dan nyamuk. Karena wangi dari bunga lavender pada essential oil tidak disukai nyamuk dan serangga. Tidak hanya mencegah, Essential oil lavender juga dapat digunakan sebagai obat untuk gigitan nyamuk dan serangga.


Essential Oil Chamomile


Selain essential oil lavender, minyak esensial yang aman digunakan untuk bayi yaitu Chamomile. Saat bayi Anda rewel dan susah tidur, jika tidak ada essential oil lavender, Anda bisa menggunakan essential oil chamomile.


Essential oil chamomile bersifat lembut dan menenangkan sehingga mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh bayi dan membantu bayi terlepas dari rasa cemas, rewel dan mengatasi masalah sulit tidur pada bayi.


Bahkan campuran chamomile essential oil dengan lavender mampu meredakan gejala koli yang dialami oleh bayi.


Essential Oil Eucalyptus Radiata


Saat bayi Anda mengalami flu atau pilek, biasanya bayi akan lebih rewel karena hidung tersumbat dan pernapasan bermasalah akibat pilek tersebut.


Essential oil eucalyptus bisa digunakan untuk bayi Anda yang sedang mengalami flu, pilek atau masalah pernapasan.


Eucalyptus Radiata aman untuk diaplikasikan pada bayi dan mengandung ekspektoran alami yang mampu mengatasi masalah pernapasan yang tersumbat.


Essential Oil Tea Tree


Penggunaan popok pada bayi selain memberikan manfaat, disisi lain juga dapat menyebabkan permasalahan pada kulit bayi.


Apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan timbulnya ruam.


Essential oil tea tree menjadi salah satu essential oil yang aman untuk bayi khususnya saat bayi mengalami ruam akibat dari penggunaan popok.


Kandungan antimikroba dan anti jamur pada minyak esensial tea tree ini dapat mencegah dan mengobati ruam akibat penggunaan popok.


Essential oil tea tree juga mengandung desinfektan alami yang aman untuk bayi. Cara menggunakannya yaitu campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan carrier oil.


Cara Menggunakan Essential Oil Yang Aman Untuk Bayi


Selain kandungan bahan pada essential oil, salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan essential oil yang aman untuk bayi yaitu cara menggunakannya.


Berikut ini cara menggunakan essential oil yang aman untuk bayi.


Melalui Pijatan


Pijat bayi dapat dilakukan untuk meredakan sakit perut, menenangkan bayi dan membuat bayi rileks setelah mandi.


Bisa juga dilakukan sebelum tidur dengan cara teteskan 1-2 essential oil dengan carrier oil, campurkan di telapak tangan kemudian gosok dengan menggunakan kedua tangan lalu pijat mulai dari kaki si bayi dengan lembut hingga ke atas. 


Jika sudah mencapai perut dan dada bayi, ratakan tangan kemudian buatlah lingkaran kecil dengan jari-jari. Tidak perlu terlalu ditekan tapi lebih untuk menimbulkan rasa hangat dan nyaman pada bayi.


Dengan rangsangan tersebut, bayi akan lebih rileks dan nyaman. Namun Anda harus memperhatikan tanggapan bayi ketika dipijat. Jika si bayi selalu menangis, hentikanlah memijat karena itu menandakan bahwa si bayi merasa tidak nyaman.


Dicampur Dengan Air Mandi


Cara ini bisa dipakai dengan mencampurkan 1-2 tetes essential oil dengan carrier oil ke dalam bak mandi bayi. Selain memberikan sensasi yang berbeda saat mandi, bayi biasanya  jadi lebih tenang sehingga mudah untuk tidur setelahnya.


Diffuser (Aromaterapi)


Untuk melakukan penguapan essential oil ke udara untuk melembabkan ruangan dan membuat udara jadi lebih sehat dan segar, maka campurkan 3-5 tetes essential oil dengan 300 ml air pada diffuser.


Aplikasikan Pada Tempat Tidur


Teteskan Essential Oil pada sisi tempat tidur bayi untuk membuatnya tidur lebih nyenyak.


Tips Menggunakan Essential Oil Yang Aman Untuk Bayi


Tapi walaupun dianggap aman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan atau mengoleskan minyak esensial pada bayi yaitu:


  1. Hindari penggunaan essential oil yang dicampur dengan alkohol dan wewangian sintesis karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Pilihlah essential oil yang benar-benar murni.
  2. Hindari penggunaan essential oil pada bayi di usia dibawah tiga bulan. Namun pada beberapa minyak esensial juga tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi dibawah usia enam bulan.
  3. Minyak esensial untuk bayi harus diencerkan terlebih dahulu dengan carrier oil sebelum dioleskan ke kulit bayi. Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa atau minyak almond untuk mengencerkannya. Untuk takaran pengenceran minyak esensial tergantung pada usia bayi. Untuk bayi berusia di atas 3 tahun rasio pengenceran yang aman dan direkomendasikan adalah antara 0,5-1%.
  4. Disarankan untuk mengoleskan sedikit minyak esensial yang telah diencerkan ke kaki atau lengan bayi sebelum mengoleskannya ke bagian tubuh lainnya. Apabila dalam waktu 24 jam muncul reaksi berupa kemerahan atau peradangan, maka hentikan penggunaan. Bisa jadi hal tersebut merupakan reaksi alergi terhadap kandungan dalam minyak tersebut.
Mar 20, 2021
Cara Menggunakan Essential Oil yang Aman & Tepat


Minyak esensial (Essential Oil) memiliki banyak manfaat. Tapi tahukah kamu ternyata essential oil juga memberikan efek samping yang berbahaya lho bagi tubuh.


Sebelum kamu menggunakan minyak esensial, alangkah baiknya kamu baca dulu secara menyeluruh mengenai Essential Oil.


Agar kamu tidak salah paham, baca sampai selesai mengapa essential oil yang terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan justru menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh kamu.


Jangan Asal Pakai Essential Oil 


Apapun yang memiliki manfaat yang baik namun jika dalam penggunaannya tidak sesuai dengan aturan atau dalam kata lain “asal pakai”, justru bukan manfaat yang di dapat melainkan efek samping yang berbahaya, begitupun dengan Essential Oil.


Essential Oil memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dari berbagai kandungan tanaman herbalnya dengan catatan digunakan dengan takaran dan cara yang tepat.


Agar tidak salah dalam menggunakan Essential Oil, alangkah lebih baik kamu ikuti petunjuk penggunaan dari produk Essential Oil yang kamu beli. 


Namun jika masih ada rasa ragu dan takut apakah cara kamu menggunakan Essential Oil benar atau tidak, kamu bisa konsultasi dengan Dokter terlebih dahulu.


Essential Oil dapat digunakan dengan cara mengirup aromanya dengan menggunakan alat Diffuser atau bahkan sekarang ada juga yang portable, kamu dapat menggunakannya dengan digantungkan pada tas atau bahkan mengalungkan nya.


Kamu juga dapat menggunakan minyak esensial dengan mengoleskannya langsung pada kulit dengan catatan terdapat campuran Carrier Oil pada Essential Oil tersebut.


Pastikan untuk menghindari penggunaan minyak esensial secara oral atau diminum. Hindari juga mengoleskan minyak esensial pada bagian tubuh / lubang lendir (contoh: mulut, vagina).


Selektif Memilih Brand Essential Oil


Salah satu penyebab timbulnya efek samping berbahaya dari Essential Oil yaitu kandungan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan minyak esensial itu sendiri.


Essential Oil yang memiliki kualitas yang baik yaitu Essential Oil yang terbuat dari tanaman herbal alami dengan proses pembuatan sesuai standar Aromaterapis.


Pastikan untuk selektif dalam memilih brand Essential Oil. Harga yang mahal dan brand yang begitu terkenal tidak menjamin kualitas dari produk tersebut.


Pilih minyak esensial yang memang telah teruji klinis oleh ahli Aromaterapis,tidak mengandung minyak sintetis dan berbagai zat adiktif.


Label “Alami” yang digunakan berbagai brand tidak menjamin ke-alamian bahan baku yang digunakan untuk memproduksi minyak esensial tersebut.


Pastikan Usia Pengguna Essential Oil


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Essential Oil tidak boleh digunakan secara sembarangan. Tidak cukup memperhatikan cara penggunaan dan takaran nya saja, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan minyak esensial.


Kamu juga harus memperhatikan riwayat kesehatan, usia hingga obat yang sedang dikonsumsi saat ini.Karena beberapa kondisi tersebut dapat mempengaruhi efek samping yang timbul dalam penggunaan Essential Oil.


Berbicara mengenai usia, kamu harus memperhatikan hal ini sebelum menggunakan Essential Oil.  Karena beda usia, beda juga takaran pakainya.


Untuk bayi atau balita disarankan untuk tidak menggunakan essential oil terlebih dahulu. Karena organ tubuh bayi atau balita masih belum mampu untuk mengolah minyak esensial yang digunakan.


Jika ingin menggunakan minyak esensial untuk bayi atau balita, kamu bis apilih produk Essential Oil yang memang khusus untuk bayi atau balita dan pastikan untuk konsultasi ke Dokter untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.


Penggunaan minyak esensial pada anak-anak juga tidak boleh sembarangan. Walaupun sudah terbilang besar, kamu tetap harus memastikan minyak esensial tersebut tidak memberikan efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh nya.


Satu hal yang perlu kamu perhatikan juga yaitu hindari penggunaan minyak esensial pada orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan pada organ pernapasan mereka.


Efek Samping Berbahaya Essential Oil


Jika digunakan dengan aturan yang sesuai Essential Oil memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun apa akibatnya jika Essential Oil digunakan secara sembarangan tanpa memperhatikan aturan pemakaian?


Berikut ini beberapa efek samping berbahaya dari Essential Oil ketika kamu menggunakannya secara sembarangan:


Menyebabkan Alergi


Penggunaan Essential Oil dengan cara yang salah dapat memberikan efek samping salah satunya yaitu alergi. Alergi timbul ketika ada suatu zat yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh sehingga menimbulkan masalah kesehatan.


Alergi yang timbul dapat berupa pusing, sakit kepala, mual, bahkan bisa sampai pingsan jika menggunakan essential oil sebagai aromaterapi dengan menggunakan Diffuser namun dengan takaran yang tidak sesuai.


Jika digunakan dengan cara dioleskan langsung pada kulit namun dengan cara dan takaran yang salah, alergi yang muncul dapat berupa gatal-gatal, muncul ruam dan merah-merah pada bagian kulit yang diolesi minyak esensial tersebut.


Bagi yang mempunyai riwayat kesehatan pernapasan, penggunaan minyak esensial yang salah dapat menyebabkan asma. Bahkan hal ini bisa juga terjadi pada mereka yang tidak memiliki riwayat kesehatan pernapasan.


Untuk itu penting sekali kamu memperhatikan aturan pemakaian Essential Oil yang telah disebutkan di atas. Jika terjadi beberapa efek samping tersebut konsultasikan langsung pada Dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai.


Cara Menggunakan Essential Oil Yang Aman


Untuk menghindari berbagai efek samping berbahaya essential oil bagi kesehatan tubuh, bagaimana cara menggunakan essential Oil yang aman?


Perhatikan Usia Dan Takaran / Dosis


Hal yang paling mendasar dalam menggunakan Essential Oil dengan aman yaitu dengan  memperhatikan usia dan mencocokan sesuai takaran atau dosis nya.


Selain itu kamu juga harus teliti melihat berbagai kandungan bahan dari essential oil tersebut. Pilih essential oil yang tidak menggunakan bahan kimia atau memiliki kandungan bahan kimia paling sedikit.


Pilih Jenis Essential Oil Yang Tepat


Banyak sekali jenis aroma essential oil. Setiap aroma tentunya memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh.


Pilih aroma sesuai kebutuhan atau keluhan kamu. Kamu juga bisa memilih aroma sesuai dengan selera kamu. Namun pastikan untuk tidak memilih aroma essential oil yang dapat membuat tubuh kamu alergi.


Mencoba Essential Oil


Sebelum memakai langsung sesuai dosis dalam penggunaan sehari-hari, kamu bisa mencoba essential oil terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada masalah atau efek samping berbahaya ketika kamu menggunakannya.


Cara mencoba essential oil nya yaitu dengan mengoleskan dibagian pergelangan tangan sedikit saja. Tapi sebelum mengoleskan minyak esensial pastikan tangan kamu bersih.


Setelah dioleskan dipergelangan tangan, tutup bagian yang diolesi itu dengan kain kasa dan biarkan selama satu hari (24 jam).


Jika tidak ada reaksi negatif seperti gatal-gatal, timbul bercak merah atau ruam, kamu bisa melanjutkan penggunaan essential oil tersebut. Namun tetap gunakan secara hati-hati ya guys.


Menggunakan Essential Oil Secara Oles


Banyak cara menggunakan essential oil, salah satunya dengan cara dioleskan. Jika kamu menggunakan essential oil dengan cara dioles, kamu harus ekstra hati-hati karena tidak semua bagian tubuh bisa dioles dengan minyak esensial.


Jangan terlalu banyak mengoleskan essential oil dan pastikan untuk menghindari area-area tertentu seperti mata, hidung, mulut dan bagian tubuh yang terdapat lendir.


Menggunakan Essential Oil Sebagai Aromaterapi


Cara menggunakan essential oil sebagai aromaterapi menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan orang. 


Karena penggunaan essential oil dengan cara ini, tidak hanya kau saja yang mendapat manfaat dari minyak esensial tapi orang yang berada di lingkungan tersebut. Karena uap yang keluar dari Diffuser menyebar ke seluruh ruangan tersebut.


Cara aman menggunakan essential oil sebagai aroma terapi yaitu dengan memastikan takaran perbandingan air dengan minyak esensial sesuai aturan penggunaan. Disarankan untuk tidak terlalu lama menggunakan essential oil sebagai aromaterapi, cukup 30 sampai 60 menit.


Mar 19, 2021
Humidifier VS Diffuser: Mana Yang Paling Cocok Untuk Essential Oil


Penggunaan Essential Oil sebagai aromaterapi kini makin banyak diminati, karena tidak hanya aromanya yang mengubah udara di ruangan semakin nyaman dan aman tentu saja karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan.


Menggunakan Essential Oil sebagai aromaterapi tentu saja butuh alat untuk mengubah minyak ini menjadi uap.


Sayangnya tidak sedikit orang yang keliru dalam memilih alat sebagai pendamping penggunaan Essential Oil sebagai aromaterapi.


Diffuser atau Humidifier, menurut kamu dari kedua alat ini mana yang paling tepat digunakan untuk essential oil?


Yaps, alat yang cocok digunakan untuk Essential Oil lebih tepatnya yaitu Diffuser. Dari segi bentuk memang lumayan mirip antara Diffuser dan Humidifier.


Meski begitu, kedua alat ini jelas sekali memiliki berbagai segi perbedaan yang cukup signifikan. 


Agar lebih jelasnya perhatikan beberapa perbedaan antara Humidifier dan Diffuser berikut ini, agar kamu tidak salah membeli alat untuk penggunaan Essential Oil.


Perbedaan Fungsi Humidifier Dengan Diffuser


Banyak orang mengira kedua alat ini memiliki fungsi yang sama, yakni sama-sama digunakan untuk men-diffuse minyak esensial.


Padahal Humidifier dan Diffuser memiliki fungsi dasar yang jelas-jelas berbeda. Berikut ini perbedaan Humidifier dan Diffuser dari segi fungsinya:


Humidifier


Dari segi namanya saja sudah jelas, Humidifier memiliki arti pelembab. Fungsi dari alat Humidifier yaitu melembabkan udara pada suatu ruangan. 


Selain itu Humidifier ini juga dapat mengatur tingkat kelembaban udara dalam suatu ruangan. Sehingga alat ini sangat cocok digunakan di daerah yang cenderung kering dan panas.


Humidifier tidak mengeluarkan bau atau wewangian, alat ini hanya berfokus pada kelembaban pada ruangan.


Bagi yang memiliki riwayat kesehatan pernapasan serta alergi udara, disarankan untuk menggunakan Humidifier pada ruangannya.


Karena penggunaan Humidifier dapat membantu melancarkan udara di ruangan tersebut sehingga dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma, pilek atau flu serta alergi yang disebabkan karena udara.


Bagi yang memiliki masalah kulit kering juga dapat menggunakan Humidifier agar kulit tetap lembab.


Diffuser


Dari segi namanya, Diffuser memiliki arti penyebar. Diffuser sendiri memiliki fungsi yaitu menyebarkan uap dari minyak esensial yang telah diisi sebelumnya, sehingga essential oil tersebut ter-diffuse dengan baik menjadi uap yang menyebar di area ruangan tersebut.


Jika Humidifier tidak menyebarkan aroma atau bau wewangian, berbeda dengan Diffuser yang justru membuat ruangan menjadi harum.


Wangi harum tersebut berasal dari Essential Oil yang telah diteteskan terlebih dahulu dengan campuran air sesuai dengan takaran.


Tentu saja aroma yang dihasilkan sesuai dengan aroma dari tiap minyak esensial yang digunakan. Dan tiap aroma dari Essential Oil tentunya memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan.


Selain membuat ruangan menjadi lebih segar, penggunaan Diffuser juga berfungsi sebagai aromaterapi dari minyak esensial tersebut sehingga membuat kamu menjadi lebih rileks.


Penggunaan Diffuser juga berfungsi untuk membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur serta membersihkan udara dalam ruangan sehingga membantu melancarkan sistem pernapasan.


Cara Kerja Humidifier VS Diffuser


Berbeda fungsi tentu saja dua alat ini memiliki cara kerja yang berbeda juga. Berikut ini perbedaan cara kerja  Humidifier dan Diffuser.


Humidifier


Berdasarkan cara kerjanya, Humidifier terbagi menjadi empat jenis yaitu sistem elektronik, sistem evaporasi, sistem hybrid dan sistem uap.


Dari empat jenis Humidifier di atas, tiap sistemnya sama-sama mengeluarkan uap air karena memang fungsi utama dari Humidifier yaitu meningkatkan dan mengatur kelembaban udara. Namun setiap sistem tersebut memiliki cara yang berbeda dalam mengeluarkan uap.


Berikut ini cara kerja Humidifier berdasarkan jenis sistem kerjanya, yaitu sebagai berikut:


Sistem Elektronik


Pada sistem ini, Humidifier bekerja dengan menggunakan gelombang elektronik yang menghasilkan panas sehingga mampu menguraikan air menjadi uap air.


Sistem Evaporasi


Berbeda dengan sistem elektronik, Humidifier dengan sistem evaporasi ini membutuhkan paper humidifier dan angin dalam proses kerjanya.


Proses penguapan bekerja dengan menggunakan bantuan angin, dimana paper humidifier dapat melewati filter yang berisi air dan uap air melalui bantuan angin tersebut.

 

Sistem Uap


Saat ingin menggunakan Humidifier, tentu kamu harus memasukkan sejumlah air ke dalam nya sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Nah, air yang digunakan tersebut akan diproses hingga mengeluarkan uap.


Sama hal nya ketika kamu merebus air, air yang direbus tersebut akan mengeluarkan uap hangat saat kamu membuka penutup airnya. Kurang lebih seperti cara kerja nya.


Sistem Hybrid


Humidifier dengan sistem hybrid menggabungkan dua sistem kerja humidifier yaitu sistem uap dan sistem evaporasi.


Uap air yang dihasilkan melalui proses pemanasan air seperti yang telah dijelaskan pada sistem uap, namun juga memanfaatkan angin dan menggunakan paper dalam melewati penyaring  yang berisi air dan uap air tersebut.


Diffuser


Cara kerja Diffuser memang tidak jauh berbeda yaitu dengan cara mengeluarkan uap ke udara. Namun perlu digaris bawahi, uap yang keluar dari Humidifier berasal dari air sedangkan Diffuser berasal dari essential oil.

Air yang sudah dicampurkan dengan essential oil dengan perbandingan takaran yang telah ditentukan akan diproses menjadi uap  dengan cara dipanaskan. Dengan bantuan angin, uap air tersebut dapat menyebar di area ruangan tersebut.


Uap yang dihasilkan akan tampak seperti kabut halus dengan aroma yang mampu merelaksasi tubuh dan pikiran.


Berdasarkan cara kerjanya, Diffuser dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut: 


Diffuser Lilin (candle diffuser)


Salah satu jenis Diffuser yang paling banyak dijumpai khususnya di tempat spa yaitu Diffuser Lilin. Jenis Diffuser yang satu ini kini juga banyak diminati untuk digunakan di rumah sebagai aromaterapi.


Dari segi harga, Diffuser lilin ini cukup terjangkau jika dibandingkan dengan jenis Diffuser lainnya. Cara kerja Diffuser Lilin yaitu melakukan penguapan dengan menggunakan suhu panas. 


Cara menggunakan Diffuser lilin yaitu dengan menuangkan air dan essential oil (sesuai takaran) ke dalam wadah diffuser. Kemudian panaskan dengan lilin yang sudah dinyalakan dibawahnya. 


Fungsi lilin ini sebagai tungku penghasil panas untuk membantu proses penguapan. Namun proses penguapan dengan metode ini dapat mengurangi kualitas dan manfaat dari minyak esensial nya sendiri. Sehingga penggunaan essential oil dengan menggunakan Diffuser Lilin dirasa kurang efektif sebagai aromaterapi.


Diffuser Keramik (ceramic diffuser)


Diffuser keramik merupakan salah satu jenis Diffuser yang terbuat dari keramik atau tanah liat itu sebabnya jenis diffuser yang satu ini dinamakan Diffuser Keramik.


Untuk cara kerjanya tentu berbeda dengan diffuser lilin. proses penguapan essential oil menjadi aromaterapi pada diffuser keramik menggunakan gelombang ultrasonik (suara).


Cara menggunakan Diffuser Keramik yaitu tuangkan air dan essential oil (sesuai takaran) ke wadah diffuser. Dengan gelombang suara ultrasonik tersebut akan mengubah minyak esensial tersebut menjadi uap.


Reed Diffuser


Jenis diffuser yang satu ini terbilang cukup unik. Jika dilihat secara sekilas tidak berbeda dengan vas bunga.Karena bentuknya hanya berupa botol berisi air dengan batang rotan di atasnya.


Batang rotan inilah yang berperan untuk menyebarkan essential oil sebagai aromaterapi. Jadi cara kerja Reed Diffuser tidak menggunakan suhu panas, gelombang ultrasonik maupun energi listrik, melainkan batang rotan.


Essential oil yang telah tercampur dengan air tersebut akan terserap ke batang rotan. Dengan bantuan angin di ruangan tersebut senyawa yang terserap pada batang rotan akan menguap ke udara dan menyebarkan aroma wangi dari essential oil tersebut.


Cara menggunakan diffuser jenis ini cukup mudah hanya dengan memasukkan air dan essential oil ke dalam botol (sesuai takaran), kemudian masukkan batang rotan ke dalam botol tersebut.


Electric Diffuser


Jenis diffuser berikutnya yaitu Electric Diffuser. Jenis diffuser yang satu ini melakukan penguapan dengan energi listrik atau elektrik.


Electric Diffuser menjadi salah satu diffuser yang banyak dipakai oleh masyarakat sebagai alat untuk menggunakan essential oil sebagai aroma terapi.


Cara menggunakan Electric Diffuser sangat mudah, pasang charger diffuser pada lubang yang sudah tersedia, colokkan ke terminal listrik. Isi air dan essential oil pada wadah diffuser (sesuai takaran), tekan tombol “ON” dan diffuser sudah mulai bekerja mengeluarkan uap aromaterapi.


Cara kerja Electric Diffuser yaitu energi listrik yang dihantarkan melalui charger tadi akan menggerakkan kipas yang terdapat pada diffuser. Kipas listrik pada diffuser tersebut mengubah minyak esensial tersebut menjadi uap yang menyebar ke udara.


Anda bisa dapatkan Electric Diffuser disini.


Produk yang Diulas :
(Bundle) 500 ml Diffuser Elektrik + Duo Essential Oil Capsen by Bob
Mar 17, 2021
Tetap Sehat di Era Covid 19? Ini Dia Segudang Manfaat Essential Oil


Menjaga kesehatan merupakan sebuah keharusan namun kadang kala tidak sedikit dari kita yang mengabaikan hal tersebut. Namun semenjak adanya pandemi Covid-19 ini mendadak orang-orang menjadi “bar-bar” seakan berlomba-lomba membeli berbagai kebutuhan untuk menunjang kesehatan tubuh mereka.


Dari mulai vitamin, masker, hand sanitizer hingga essential oil yang baru-baru ini semakin booming dikalangan masyarakat.


Berbicara mengenai Essential Oil, minyak yang satu ini tidak hanya menawarkan aroma yang menyegarkan tapi juga memiliki segudang manfaat dari berbagai sisi.


Sebelum kamu menggunakan minyak esensial yang sedang kekinian, tentu saja kamu harus tahu benefit yang dimiliki Essential Oil ini agar kamu tidak dianggap ikut-ikutan.


Manfaat Essential Oil Untuk Kesehatan Mental


Kadangkala kita terlalu fokus mencari berbagai produk yang dapat menjaga kesehatan tubuh, padahal kesehatan mental menjadi salah satu hal yang tidak kalah pentingnya.


Kondisi mental kamu berpengaruh terhadap kondisi kesehatan bahkan kehidupan kamu lho!


Mental yang sehat membuat kamu menjadi lebih bahagia. Ketika kamu merasa bahagia tentu tubuh juga akan merespon dengan baik dan membuat kamu menjadi tidak mudah sakit.


Nah, penggunaan Essential Oil ini dapat membantu menjaga kesehatan mental kamu. Berikut ini beberapa manfaat Essential Oil bagi kesehatan mental:


Mengurangi Hormon Stres


Dari sebuah riset didapatkan fakta bahwa penggunaan minyak esensial dapat mengurangi kadar hormon yang menyebabkan stres. 


Minyak yang terbuat dari berbagai bahan herbal yang diekstraksi ini memberikan efek ketenangan bagi mereka yang menghirup aroma dari Essential Oil ini.


Ketika kamu merasa penat karena aktivitas yang begitu padat, kamu bisa rehat sejenak dengan menyalakan Diffuser yang sudah terisi Essential Oil Lavender sebagai aromaterapi dibarengi dengan alunan musik yang menenangkan hati.


Minyak esensial dengan aroma Lavender ini memang sangat cocok digunakan sebagai aromaterapi saat kamu merasa begitu stres karena kandungannya yang mampu menyeimbangkan hormon stres atau yang biasa disebut dengan kortisol.


Membuat Rileks


Anxiety merupakan salah satu gangguan kesehatan mental berupa kecemasan yang banyak dialami oleh masyarakat pada masa kini.


Bagaimana tidak, masuknya pandemi Covid19 ini menimbulkan banyak kerugian dari segi ekonomi dan mengancam kesehatan masyarakat dunia tentunya.


Kondisi ini memberikan tekanan terhadap masyarakat sehingga memicu tidak sedikit individu mengalami anxiety atau rasa cemas berlebih.


Perasaan cemas berlebih ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan jika dibiarkan begitu saja bisa mengganggu kesehatan psikis kamu.


Penggunaan Diffuse Essential Oil ini dapat membantu membuat pikiran kamu menjadi lebih rileks dan anti anxiety-anxiety club.


Sebar uap-uap anti anxiety dengan aroma yang menyegarkan dan menenangkan di kamar kamu atau di ruang keluarga agar kamu dan keluarga dapat merasakan benefit dari Essential Oil ini.


Capsen.id menyediakan paket bundling Anti Anxiety untuk kamu yang ingin merasakan hidup lebih tenang dan rileks sepanjang hari.


Mood-Boosting


Rasa Bete alias Bad Mood bisa menyerang kapan saja dan siapa saja tanpa mengenal kasta :-D.


Mood yang rendah dapat menyebabkan kamu malas untuk melakukan apa saja. Hal tersebut tentu saja menghambat aktivitas keseharian kamu seperti bekerja, berkarya, belajar dan aktivitas lainnya.


Bad Mood bahkan berbahaya karena membuat kamu merasa kesal dan jengkel tanpa alasan. Untuk itu kamu perlu menjaga mood kamu tetap stabil agar aktivitasmu berjalan dengan lancar.


Cara mudah meningkatkan mood kamu yaitu dengan menghirup minyak esensial. Berbagai kandungan tanaman herbal dari minyak esensial ini memiliki manfaat salah satunya dapat memicu meningkatkan hormon bahagia dan menghilangkan kelelahan dalam tubuh dan pikiran.


Manfaat Essential Oil Bagi Kesehatan


Dari segi kesehatan, Essential oil memiliki begitu banyak manfaat. Minyak esensial ini selain dapat digunakan sebagai aromaterapi (sekaligus pengharum ruangan) tentu saja aroma yang berasal dari berbagai tanaman herbal pada essential oil memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.


Apa saja sih manfaat Essential Oil bagi kesehatan? Berikut ini akan dijelaskan manfaat minyak esensial bagi kesehatan.


Mengatasi Sakit Kepala / Migrain


Ketika kamu merasa sakit kepala atau migrain, kamu dapat menggunakan essential oil sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala kamu.


Kamu dapat menggunakan essential oil tersebut dengan cara men-Diffuse-essential oil tersebut atau mengoleskannya langsung pada bagian dahi atau pelipis.


Karena Essential Oil tidak hanya dapat digunakan dengan menggunakan alat Diffuser tapi juga bisa digunakan langsung dengan cara mengoleskan langsung pada anggota tubuh kamu.


Akan tetapi perlu diperhatikan, penggunaan Essential Oil dengan cara mengoleskannya langsung hanya boleh dilakukan ketika Essential Oil tersebut memiliki campuran Carrier Oil.


Rekomendasi essential oil yang dapat membantu menghilangkan sakit kepala kamu yaitu Peppermint, Rosemary,Lavender, Mint Lavender, Eucalyptus.

  

Kini mengatasi rasa sakit kepala atau migrain tak melulu harus mengkonsumsi obat yang pahit, cukup dengan menghirup aroma essential oil. 


Namun jika kamu mengalami sakit kepala berat, tentu saja kamu harus konsultasi dengan Dokter.


Mengatasi Insomnia


Insomnia merupakan salah satu penyakit gangguan tidur yang banyak dirasakan masyarakat. Insomnia menyebabkan penderitanya mengalami susah tidur. Tentu saja hal ini membuat istirahat kamu jadi tidak masksimal.


Kurangnya istirahat tidak hanya mengganggu produktifitas kamu bahkan dapat memicu timbulnya masalah kesehatan tubuh lainnya.


Essential Oil bisa menjadi solusi untuk mengatasi gangguan tidur tersebut. Aroma dari Essential Oil dapat membuat kamu menjadi lebih rileks sehingga dapat membantu kamu menjadi mudah tidur dan terlelap.


Meningkatkan Energi Tubuh


Saat tubuh mulai lelah dan letih, kamu butuh asupan untuk me-recharge energi agar semangat untuk beraktivitas kembali.


Selain makanan, essential oil juga dapat membantu memulihkan kembali energi tubuh kamu loh. Terlebih untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, cara yang satu ini cocok sekali untuk kamu coba.


Kamu bisa menggunakan Essential oil dengan aroma peppermint dan citrus untuk mengembalikan energi kamu yang sudah terkuras karena berbagai aktivitas.


Meningkatkan Imunitas Tubuh


Menjaga tubuh tetap sehat merupakan sebuah keharusan. Ditambah dengan kondisi pandemi covid19 membuat kita semua menjadi was-was dan berusaha untuk tetap menjaga imunitas.


Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, vitamin, olahraga dan budayakan hidup bersih, essential oil juga bisa dimasukkan list kebutuhan selama pandemi.


Karena Essential Oil memiliki kandungan bahan herbal yang baik untuk meningkatkan imunitas seperti Eucalyptus, Lemon,Rosemary dan Peppermint.


Meredakan Rasa Nyeri Pada Tubuh


Ketika tubuh mulai merasa pegal, nyeri otot, itu tandanya kamu butuh rehat sambil tekan tombol ON Diffuser kamu.


Karena Essential Oil juga memiliki manfaat untuk kesehatan salah satunya yaitu meredakan rasa nyeri pada tubuh.


Aroma chamomile pada essential oil mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai anti inflamasi dan menghilangkan rasa nyeri pada otot.


Sebagai Antibiotik


Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri. Senyawa yang terdapat pada minyak esensial dapat berfungsi sebagai antibiotik.


Dengan menggunakan essential oil dapat mendetoksifikasi berbagai racun dan mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh kamu.


Manfaat Essential Oil Berdasarkan Aroma


Setiap aroma dari Essential Oil memiliki manfaat yang berbeda. Karena tiap aroma tentunya memiliki kandungan senyawa yang berbeda tergantung dari tanaman herbal apa yang dijadikan komposisi minyak esensial tersebut.


Untuk itu kamu perlu tahu manfaat essential oil berdasarkan aroma nya agar kamu bisa membeli dan menggunakan essential oil sesuai dengan kebutuhan dan keluhan yang sedang tubuh kamu rasakan.


Essential Oil Peppermint


Salah satu tanaman herbal yang digunakan sebagai komposisi minyak esensial adalah peppermint.


Manfaat essential oil peppermint yaitu sebagai berikut:

  • Mengurangi iritasi pada sistem pencernaan
  • Meredakan sakit kepala
  • Mendetoks tubuh
  • Mengatasi mual
  • Baik untuk sistem pencernaan
  • Mengatasi diare dan kram perut


Essential Oil Lemon


Manfaat essential oil lemon yaitu sebagai berikut:

  • Mendetoks tubuh
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Meningkatkan mood
  • Membantu mengatasi jerawat
  • Membantu mengatasi stres dan depresi
  • Merawat kesehatan kuku


Essential Oil Lavender


Manfaat essential oil lavender yaitu sebagai berikut:

  • Merilekskan pikiran
  • Meredakan sakit kepala
  • Membantu merawat kesehatan kulit
  • Membantu mengusir serangga
  • Membantu merawat kesehatan rambut
  • Membantu mengatasi insomnia
  • Membantu mengatasi gejala PMS


Essential Oil Grapefruit (Jeruk bali merah)


Manfaat essential oil grapefruit adalah sebagai berikut:

  • Membantu menahan rasa lapar
  • Membantu menjaga kesehatan kulit
  • Membantu menjaga kesehatan kuku
  • Meningkatkan mood


Essential Oil Chamomile


Manfaat essential oil chamomile adalah sebagai berikut:

  • Membantu mengatasi insomnia
  • Membantu merilekskan pikiran
  • Membantu menghilangkan stres
  • Membantu mencegah tukak lambung


Essential Oil Sandalwood


Manfaat essential oil sandalwood adalah sebagai berikut:

  • Membantu merawat kesehatan kulit
  • Meningkatkan kinerja otak dan daya ingat
  • Merilekskan dan menenangkan pikiran


Essential Oil Ylang-Ylang


Manfaat essential oil sandalwood adalah sebagai berikut:

  • Membantu mengatasi tekanan darah tinggi
  • Mengusir serangga
  • Meningkatkan mood
  • Meredakan kecemasan