Blog Toko
Temukan event, kabar terbaru, dan promosi terbaru di sini!
Jun 11, 2021
Essential Oil Eucalyptus - Pengusir Virus Dan Anti Bakteri


Eucalyptus (Eucalyptus radiata) adalah pohon cemara asli Australia dan dikenal dengan nilai nutrisinya yang tinggi untuk beruang koala dan satwa liar lainnya, dan masih banyak lagi. Minyak kayu putih yang disuling dengan uap dari daun pohonnya, juga memberikan nilai terapi yang tinggi.


Eucalyptus adalah minyak yang sejuk dan menyegarkan yang membuatnya ideal untuk terapi pijat, serta membantu melancarkan saluran udara terbuka dan pernapasan yang jernih.


Hasil penelitian menyebutkan bahwa Eucalyptus mengandung senyawa yang sangat tinggi yaitu 1,8-cinole yang merupakan oksida. 


Ketika uap nya menyebar telah terbukti mengurangi jumlah mikroba di udara, yang terbukti sangat berguna selama musim flu dan pilek dan dapat membantu mengurangi batuk dan iritasi sinus.


Minyak esensial eucalyptus juga baik digunakan untuk sistem pernapasan dan kulit. Bahkan kamu juga bisa menggunakan essential oil eucalyptus dengan cara dioleskan langsung ke area yang menjadi perhatian dan titik refleks dengan minyak esensial 1:1, minyak pembawa seperti coconut oil atau minyak pembawa lainnya.


Jika tujuan utama penggunaan minyak eucalyptus untuk sistem pernapasan, lebih baik cara penggunaannya dengan menggunakan diffuser dan biarkan menyebar secara aromatik.


Minyak Eucalyptus memiliki sifat analgesik (pereda nyeri), antibakteri, anticatarrhal (dekongestan), anti infeksi, anti inflamasi, anti virus, ekspektoran dan insektisida. Ini juga dapat membantu mengatasi herpes simpleks, jerawat, endometriosis, demam, tekanan darah tinggi dan vaginitis.


Manfaat Essential Oil Eucalyptus


Menjaga Kesehatan Pernafasan 


Essential oil eucalyptus dapat membantu melancarkan saluran udara terbuka sehingga pernapasan menjadi lebih lega (tidak sesak) dengan melebarkan pembuluh darah dan memungkinkan lebih banyak oksigen ke paru-paru. 


Cara menggunakan essential oil eucalyptus untuk melancarkan sistem pernapasan yaitu dengan mencampurkan 4 tetes minyak eucalyptus, 4 tetes minyak peppermint dan 4 tetes minyak pembawa (minyak kelapa).


Saat kamu merasa sesak napas, kamu dapat mengoleskannya ke area sekitar dada. 


Pereda Sakit Telinga  


Rendam handuk dalam beberapa cangkir air panas dan 6-8 tetes minyak eucalyptus. Oleskan handuk panas ke kepala kamu dan hirup aromanya selama beberapa menit. Atau gabungkan 2 tetes essential oil eucalyptus dengan 2 tetes minyak pembawa dan pijat lembut kulit di sekitar telinga.


Sinus dan Alergi  


Sebuah studi menunjukkan essential oil eucalyptus bermanfaat untuk mengatasi masalah sinus dan alergi. Campurkan 2 tetes essential oil eucalyptus dengan 2 tetes minyak pembawa dan pijat di dada.


Energi dan Fokus


Penggunaan essential oil eucalyptus dapat membantu membuat kamu menjadi lebih fokus. Kamu dapat menggunakannya sebagai aromaterapi menggunakan diffuser atau oleskan secara topikal, ke pelipis dan leher, untuk memberi energi secara alami.


Pembersih Alami  


Karena sifat antimikroba, minyak eucalyptus bisa menjadi pembersih alami yang hebat. Tambahkan sekitar 10 tetes ke sabun cuci kamu, atau digunakan dengan cara men-diffuse untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur di lingkungan kamu.


Perawatan Luka  


Karena sifat antimikroba dan antiseptiknya, minyak eucalyptus dapat membantu melindungi luka bakar, luka sayat, luka serangga, dan luka lain dari infeksi dan mempercepat pemulihan. Oleskan secara topikal ke area yang terkena.


Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Essential Oil Eucalyptus



Sebelum langsung menggunakan essential oil eucalyptus (atau essential oil apapun) pastikan untuk memperhatikan petunjuk penggunaannya.


  1. Penggunaan essential oil eucalyptus untuk anak-anak harus diencerkan terlebih dahulu. Kamu dapat mencampurkan minyak eucalyptus dengan minyak pembawa dengan rasio 1:1. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari timbulnya alergi atau iritasi karena kulit anak-anak cenderung masih sensitif apalagi jika digunakan secara topikal.
  2. Untuk anak-anak, hindari penggunaan essential oil eucalyptus pada area sekitar wajah
  3. Saat menggunakan minyak esensial apa pun untuk kesehatan, gunakan hanya minyak esensial kualitas tertinggi yang 100% bersertifikat murni, kelas terapeutik, untuk memastikan kamu mendapatkan minyak murni dan bukan yang mengandung bahan kimia atau racun yang tidak diinginkan dan berbahaya.


Produk yang Diulas :
Pure Eucalyptus Essential Oil Capsen by Bob
Mint Eucalyptus Essential Oil Capsen by Bob
Jun 11, 2021
Essential Oil Geranium: Menenangkan Pikiran Dan Menyeimbangkan Hormon


Essential oil memiliki berbagai varian dengan berbagai manfaat yang beragam tentunya. Dari sekian banyak essential oil yang ada, kali ini kita akan membahas mengenai Essential Oil Geranium.


Minyak esensial geranium ( Pelargonium graveolens ) adalah salah satu essential oil yang wajib kamu punya. Karena minyak esensial geranium ini menawarkan banyak kegunaan dan manfaat yang populer.


Dari sekian banyak manfaat yang terkandung dalam mi esensial Geranium, manfaat yang paling menonjol dari essential oil Geranium yaitu “Penyeimbang”. Kandungan zat dalam minyak Geranium mampu menyeimbangkan pikiran dan emosi.


Sehingga essential oil Geranium ini cocok sekali digunakan saat istirahat sepulang kerja karena mampu menghilangkan rasa stres dan rasa lelah setelah seharian bekerja. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan badan menjadi lebih rileks.


Tidak hanya itu, penggunaan Essential oil Geranium juga bermanfaat baik untuk kecantikan maupun pengobatan. Namun, sebelum membahas lengkap mengenai manfaat essential oil geranium, kita lihat dulu yuks apa sih geranium itu?


Apa Itu Geranium?


Geranium menjadi salah satu essential oil yang banyak disukai orang. Selain manfaat nya, minyak yang satu ini juga memiliki aroma yang membuat orang menjadikan minyak ini menjadi essential oil favorit mereka.


Lalu, apa dan seperti apa sih geranium sebenarnya?


Ketika berbicara mengenai geranium, mungkin kamu agak sedikit kebingungan karena banyak sumber yang membahas geranium ini.


Ada ramuan Inggris robert, atau geranium (Geranium robertianum) , yang mengacu pada salah satu dari 422 spesies yang mungkin tahunan, dua tahunan atau abadi. Dan semuanya berbunga.


Sedangkan di sisi lain, Pelargonium adalah salah satu spesies yang digunakan dalam produksi minyak atsiri. 


Saat ini ada 259 spesies Pelargonium yang diterima dalam Daftar Tumbuhan, yang merupakan hasil kreasi bersama antara Missouri Botanical Gardens, Kew, dan The Royal Botanical Gardens.


Mengklasifikasikan tanaman ini bahkan lebih memusingkan bagi ahli botani karena mereka mudah melakukan hibridisasi.


Herb robert dan geranium American cranesbill, juga dikenal sebagai geranium liar (G. maculatum) , telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan herbal.


Selain itu, ada juga Cymbopogon martinii , atau palmarosa, yang sebelumnya disebut geranium Turki atau India Timur tetapi berasal dari famili tumbuhan Poaceae.


Bahkan beberapa nama besar dalam aromaterapi tidak setuju dengan hal ini. Inilah mengapa kamu harus berhati-hati saat membeli essential oil. Seperti yang kamu lihat, ada perbedaan antara minyak geranium mawar vs minyak geranium. Selalu perhatikan nama tumbuhan dan penelitian itu.


Penting juga untuk dicatat bahwa minyak esensial geranium tidak sama dengan ekstrak geranium, yang diambil dari akarnya dan sering disebut sebagai serum anti-penuaan atau peningkat kinerja.


Semak abadi mawar geranium tumbuh setinggi sekitar tiga kaki, memiliki batang berbulu dan fitur daun runcing yang bergerigi di tepinya. Daun yang dipotong sangat dalam diberi aksen bunga merah muda atau keunguan kecil yang sangat aromatik.


Essential oil ini didapatkan  melalui penyulingan uap pada daun, bunga, dan batang. Banyak orang menanam berbagai jenis tanaman karena khasiatnya yang harum. Proses penyulingan dimulai dengan memotong pucuk tanaman, yang sering dibiarkan di lapangan hingga kering sebagian.


Aroma minyak sangat bergantung pada bagian yang digunakan dan berapa usianya. Saat dihancurkan, daun yang lebih muda akan berubah dari mawar lemony menjadi aroma mawar yang lebih dalam. Jika bagian yang lebih tua dibiarkan keluar dari penyulingan, minyak akan memiliki lebih banyak aroma mawar.


Minyak esensial geranium berwarna kuning pucat atau kuning kehijauan. Ini menyatu dengan baik dengan minyak bunga lainnya serta Piper nigrum , cengkeh (Syzygium aromaticum) , clary sage (Salvia sclarea) , juniper berry (Juniperus communis) , nilam (Pogostemon cablin) , dan banyak lagi.


Bagaimana Essential Oil Geranium Dibuat?


Minyak esensial geranium ( Pelargonium graveolens ) berasal dari semak abadi yang tingginya sekitar 3 kaki dengan daun runcing dan bunga putih kemerahan, umumnya ditanam di Afrika Selatan, tetapi juga dibudidayakan di negara-negara Eropa tertentu seperti Prancis, Italia, dan Spanyol. Daunnya digunakan dalam proses distilasi uap untuk mengekstrak minyak esensial.


Distilasi komersial pertama dari daun geranium berlangsung di Perancis pada awal 1700-an. Ahli kimia harus menemukan varietas terbaik untuk dibudidayakan untuk produksi minyak atsiri geranium. 


Hanya sepuluh helai minyak esensial geranium dari tujuh ratus varietas tanaman yang berbeda yang menjadi minyak esensial. Geranium dari kebun biasa menghasilkan terlalu sedikit minyak untuk ekstraksi.


Kamu membutuhkan sekitar 300-500 kg tanaman untuk membuat 1 kg minyak esensial, yang harganya bisa sangat mahal.


Manfaat Essential Oil Geranium


Jika kamu sudah memiliki minyak esensial Geranium atau sedang berpikir untuk membeli essential oil geranium, kami akan membeberkan manfaat minyak Geranium agar kamu tidak ragu lagi untuk membeli dan menggunakannya.


Menyeimbangkan Hormon


Geranium menyeimbangkan hormon dan sangat berguna untuk kondisi yang dihadapi wanita, seperti kesulitan menstruasi, menopause, dan masalah ketidaksuburan.


Haid (Menstruation)


Kamu dapat menggunakan geranium dengan campuran minyak pembawa/carrier oil  untuk membantu sindrom pramenstruasi (PMS) dan gangguan disforik pramenstruasi (PMDD). Ini membantu untuk semua gejala, termasuk kemarahan (mudah emosi), depresi, dan mudah tersinggung, serta gejala fisik kembung dan berat.


Jika kamu mengalami dismenore (nyeri haid), menorrhagia (pendarahan hebat), atau amenore (kehilangan haid), coba tambahkan geranium ke dalam minyak campuran kamu.


Menopause


Menopause datang dengan banyak masalah karena hormon yang berfluktuasi. Ini menyebabkan masalah fisik dan emosional, dan geranium dapat membantu mengatasi keduanya.


Infertilitas


Hormon sangat berkaitan dengan proses kesuburan, dan stres serta pola makan yang tepat merupakan faktor integral dalam menjaga keseimbangan optimal. Geranium dapat membantu mengurangi kondisi stres seputar masalah kesuburan, dan dapat membantu setelah keguguran atau persalinan prematur.


Kehamilan (Pregnancy)


Tidak banyak minyak esensial yang dapat digunakan selama sembilan bulan kehamilan yang sulit. Geranium dapat digunakan pada trimester kedua dan ketiga. Kamu dapat menggunakannya dengan mencampurkannya saat mandi di bak mandi, pancuran, diffuser, dan minyak pijat.


Mengatasi Infeksi


Geranium dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi. Ini telah menunjukkan kemampuan untuk menghentikan 22 jenis bakteri dan 12 jenis jamur jamur agar tidak tumbuh di kulit² . Misalnya pada pasien yang menderita kutu air, menambahkan 4-5 tetes minyak geranium ke rendaman kaki dengan air hangat dan garam laut dapat membantu melawan infeksi. Untuk hasil terbaik, gunakan dua kali sehari.


Mencegah Penuaan Dini


Karena sifat astringennya, Geranium membantu mengencangkan dan mengontraksikan otot. Ini mencegah otot dan kulit kendur. Minyak esensial geranium juga mengurangi kerutan dan mengencangkan kulit wajah. Oleh karena itu menunda efek penuaan dini. Campur satu sendok makan minyak jojoba dengan 5 sendok teh minyak geranium dan pijat ke area yang terkena.


Baik Untuk Kesehatan Mental


Minyak esensial geranium memiliki kekuatan untuk meningkatkan fungsi pikiran Anda yang mengangkat semangat Anda dan membantu orang yang menderita depresi dan kecemasan.


Pencegahan Penyakit Demensia dan Alzheimer


Untuk mencegah pembentukan penyakit neuro-degeneratif, minyak ini dapat bekerja secara kimiawi pada otak untuk mencegah kondisi yang menyebabkan hilangnya memori.


Pencegahan Perdarahan


Minyak esensial mempercepat pembekuan darah yang membantu penyembuhan luka dan mencegah racun masuk ke aliran darah melalui luka yang tidak tertutup.


Membuat Rileks 


Butuh istirahat? Minyak geranium mengeluarkan aroma menenangkan yang mirip dengan aroma mawar. Taruh beberapa tetes minyak ini ke kapas atau wol dan taruh di samping lampu kamu. Pastikan untuk mengambil napas dalam-dalam sesekali agar minyak masuk ke indra kamu dan menenangkan pikiran kamu.


Kamu juga bisa menggunakannya sebagai aromaterapi dengan menggunakan diffuser.


Mengatasi Stres


Sebagai tonik saraf dan obat penenang, geranium sangat diperlukan untuk mengatasi stres dan kecemasan , serangan panik, kelelahan, ketegangan saraf, atau apa pun yang membuat sistem saraf kamu bekerja.


Penyembuh Luka


Geranium dapat membantu menyembuhkan luka dan sayatan. Dengan sifat cicatrisant (= penyembuhan kulit) yang kuat, membantu sirkulasi darah di bawah permukaan kulit. Ini juga memudarkan tampilan bekas luka dan bintik-bintik jerawat di kulit kamu.


Membantu Melancarkan Buang Air Kecil


Minyak esensial geranium membantu buang air kecil. Ini membantu melepaskan racun, gula dan natrium dari tubuh.


Penghilang Bau Badan


Ini bisa menjadi deodoran kamu berikutnya, melindungi tubuh kamu dari keringat. Pernah ngebayangin gak sih saat berkeringat, kamu bisa berbau seperti bunga. Dengan sifat antibakteri Geranium dapat menghilangkan bau badan. Tambahkan 5 tetes minyak ke dalam botol semprot dan campur dengan 5 sendok makan air.


Pain Killer 


Geranium dapat mengurangi nyeri saraf. Campurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan tiga tetes minyak esensial ini lalu pijatkan ke area yang terasa nyeri.



Mendukung Pertumbuhan Sel


Essential oil Geranium ini membantu dalam mendaur ulang sel mati serta regenerasi sel baru untuk mendorong pertumbuhan sel. Ini memungkinkan metabolisme bekerja lebih efektif.


Sebagai Parfum


Daun geranium memberikan aroma dan penyedap dalam aroma luar biasa yang mirip dengan jeruk, mawar, lemon, coklat, dan peppermint.


Pengusir Serangga


Mengoleskan minyak geranium yang dicampur dengan minyak kedelai bisa menjadi pengusir serangga yang baik. Kamu dapat mengulangi mengoleskan minyak beberapa kali sehari jika kamu telah digigit serangga. 


Untuk menjauhkan serangga di malam hari, tambahkan beberapa tetes minyak esensial ini ke bola kapas atau wol dan letakkan di samping lampu malam kamu.


Penggunaan Minyak Esensial Geranium


Minyak geranium memiliki banyak kegunaan rumahan. Ini adalah minyak lembut yang dapat digunakan untuk anak - anak usia enam tahun ke atas , dan memiliki beberapa aplikasi berguna untuk hewan juga. Tidak ada kontraindikasi yang diketahui sejauh penyakit atau interaksi obat.


Zat apa pun dapat menyebabkan efek samping dan masalah dengan orang-orang sensitif. Begitu pun dalam penggunaan essential oil geranium. Selalu lakukan uji tempel kulit sebelum menggunakan campuran terapeutik lengkap.


Essential Oil Geranium - Sebagai Minyak pijat


Geranium adalah tambahan yang bagus untuk minyak pijat. Karena minyak geranium ini bersifat analgesik, antiradang , antiseptik, dan astringen. Ia juga memiliki afinitas dengan sistem peredaran darah, membuatnya berguna dalam minyak pijat untuk hampir semua kondisi, termasuk:


  • Selulit
  • Sembelit
  • Memar
  • Diabetes
  • Payudara membengkak
  • Keram kaki
  • Kram Menstruasi
  • Distrofi Otot
  • Kehamilan
  • Stroke


Minyak lain apa yang kamu pilih tergantung pada apa penderitaannya. Untuk campuran rasa sakit dan nyeri yang menyeluruh, cobalah resep berikut ini:


  1. 12 tetes Plai (Zingiber cassumunar)
  2. 10 tetes Helichrysum / Immortelle (Helichrysum italicum)
  3. 7 tetes Peppermint (Mentha piperita)
  4. 6 tetes Marjoram, manis (Origanum majorana)
  5. 5 tetes Geranium (Pelargonium graveolens)
  6. 5 tetes Lada Hitam (Piper nigrum)


Tambahkan semua minyak ke dalam botol kaca kedap udara yang gelap. Kocok agar rata. Untuk menggunakannya, tambahkan hingga tiga tetes per sendok teh minyak pembawa . Pijat ke area otot yang sakit.


Essential Oil Geranium - Untuk Kulit


Geranium adalah salah satu dari sedikit minyak yang bagus untuk semua jenis kulit, baik itu kering, normal, berminyak, sensitif, mudah berjerawat, atau kombinasi. Kamu juga dapat menambahkannya ke rutinitas pagi dan malam hari, dan geranium hydrolat juga bermanfaat.


Ini dapat dimasukkan dalam campuran apa pun yang akan digunakan untuk apa pun yang berhubungan dengan kulit, dari jerawat hingga mencegah keriput atau penuaan dini.


Bagi mereka yang mengeluhkan rasa sakit akibat luka bakar atau luka apapun, dermatitis, eksim dan psoriasis bisa menggunakan minyak geranium untuk mengatasi rasa sakit tersebut.


Obat Jerawat


  1. 1 ons Witch Hazel
  2. 3 ons Geranium Hydrolat
  3. ½ sdt Cuka Sari Apel 
  4. 2 tetes Palmarosa (Cymbopogon martinii)
  5. 1 tetes Spearmint (Mentha spicata)
  6. 1 tetes Geranium (Pelargonium graveolens)


Cara menggunakan: campurkan semua bahan ke dalam botol. Kocok agar tercampur. Biarkan selama 24 jam di lemari es. Kocok beberapa kali sepanjang hari.


Setelah waktunya habis, kocok untuk terakhir kalinya lalu saring melalui penyaring kopi yang tidak dikelantang. Simpan dalam lemari es dan aplikasikan dengan bola kapas.


Jika kamu tidak memiliki geranium hydrolat, kamu dapat menggunakan beberapa bahan lain sebagai gantinya. Contohnya:


  • Air bunga (jeruk, mawar, dll.)
  • Calendula (Calendula officinalis)
  • Chamomile, Jerman (Matricaria recutita)
  • Kamomil, Romawi (Anthemis nobilis)
  • Clary sage (Salvia sclarea)
  • Eucalyptus radiata (E. radiata)
  • Helichrysum / Immortelle (Helichrysum italicum)
  • Juniper Berry (Juniperus communis)
  • Lavender (Lavandula angustifolia)


Beberapa sumber tidak secara khusus merekomendasikan geranium untuk mengatasi jerawat sementara yang lain merekomendasikannya. Ini adalah minyak yang bermanfaat untuk dimasukkan karena kemampuannya untuk mengatasi sumbatan pada kulit yang menjadi penyebab timbulnya jerawat serta dapat memberikan keseimbangan.


Mengatasi Kutil


Kutil biasanya lebih memalukan dari apapun. Mereka cenderung muncul di tangan dan kaki. Vera yang menyakitkan juga dapat terjadi, biasanya di kaki. Mereka dapat muncul dan menghilang tanpa rima atau alasan dan keduanya disebabkan oleh virus. Mereka juga menular.


Anda bisa mengoleskan satu tetes geranium pada kutil sekali sehari sampai hilang.


Essential Oil Geranium - Untuk perjalanan


Kebanyakan orang senang bepergian. Sayangnya, terkadang sistem pencernaan kamu mengalami masalah saat melakukan perjalanan. Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat membawa minyak geranium ke dalam tas kamu saat bepergian.


Jika kamu bepergian beberapa masalah pencernaan seperti diare, keracunan makanan, dan infeksi virus atau bakteri dapat terjadi. Bahkan jika kamu menginap di penginapan yang bagus, masalah bisa muncul, terutama saat makan di buffet. Beberapa orang mengalami masalah hanya karena mencoba makanan baru.


Geranium dapat membantu mengatasi masalah ini, sembelit, dan lainnya. Minyak bermanfaat lainnya untuk memerangi gejala ini saat bepergian adalah jahe (Zingiber officinale) , lavender (Lavandula angustifolia) , lemon (Citrus limon) , dan pohon teh (Melaleuca alternifolia) .


Essential Oil Geranium - Mengusir Kutu


Jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing misalnya, kutu pasti menjadi salah satu hal yang kamu khawatirkan. Meskipun minyak esensial tidak boleh digunakan pada atau di sekitar kucing kecuali di bawah perawatan ahli yang terlatih untuk melakukannya, banyak minyak esensial yang cocok untuk anjing. Geranium adalah salah satunya, dan berguna dalam campuran pengusir kutu. Minyak lain yang berguna untuk ini adalah:


  • Daun salam (Pimenta racemosa)
  • Lavender (Lavandula angustifolia)
  • Mur (Commiphora myrrha)
  • Opoponax (Commiphora erythraea)
  • Rosewood (Aniba rosaeodora)


Geranium juga merupakan minyak yang bermanfaat untuk digunakan dalam sampo buatan sendiri yang bebas bahan kimia , perawatan kulit kering atau hot spot, dan semprotan mantel baru.

Produk yang Diulas :
Pure Geranium Essential Oil Capsen by Bob
Jun 11, 2021
Essential Oil Ylang-Ylang: Meningkatkan Sensualitas dan Keintiman


Essential oil memang terkenal dengan segudang manfaatnya. Setiap jenis dari essential oil menawarkan manfaat yang berbeda. 


Dari sekian banyak manfaat minyak esensial, terdapat salah satu jenis essential oil yang memberikan manfaat untuk meningkatkan sensualitas lho.


Bagi kamu yang sedang mengalami masalah dengan pasangan, khususnya dalam urusan “tempat tidur”, kamu menemukan artikel yang tepat. 


Karena dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai essential oil ylang-ylang yakni essential oil yang mampu membuat hubungan kamu dengan pasangan semakin harmonis.


Namun sebelum itu, kita akan membahas lengkap dulu mengenai essential oil ylang-ylang agar kamu tahu informasi lengkap mengenai essential oil yang akan kamu pakai.


Essential Oil Ylang-Ylang


Ylang ylang adalah pohon cemara yang berasal dari Filipina, India, dan Jawa, juga dikenal sebagai Canang.


Ylang-ylang termasuk ke dalam family Annonaceae yaitu salah satu suku anggota tumbuhan berbunga.  


Beberapa ciri-cirinya yaitu  pohon yang tumbuh cepat, tingginya melebihi 16 kaki dan hingga 40 kaki; dari kulit kayu halus berwarna putih keabu-abuan dan dahan gantung yang memanjang sepanjang 15 kaki.


Di bagian-bagian penyusun pohon kenanga, tumbuh bunga berwarna kuning berbentuk tandan ketiak (perbungaan) , menempel di ketiak daun, berbentuk bintang yang pangkalnya memiliki kelenjar kecil berisi minyak atsiri , dengan aroma bunga yang menyenangkan.


Nah, Essential Oil Ylang-Ylang ini adalah zat yang diekstrak dari kelopak bunga pohon Ylang Ylang.


Minyak esensial ylang ylang memiliki aroma yang kuat seperti melati dan neroli. Karena aromanya yang sangat kuat, kamu cukup menggunakannya sedikit saja sehingga penggunaan essential oil ylang-ylang juga jadi lebih hemat.


Karena komposisinya, minyak ini sangat berharga dalam industri kosmetik, terutama dalam pengembangan parfum Perancis yang berkualitas. Bahkan Ylang-Ylang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan parfum Chanel N ° 5 yang terkenal .


Asal Usul Minyak Ylang-Ylang


Ini asli Malaysia dan dibudidayakan di Sumatera, Jawa (Indonesia) , Reunion (Prancis), Kepulauan Komoro, dan Madagaskar, khususnya di Samudra Hindia.


Pohon ylang ylang ditemukan di Seychelles, Tahiti, Mauritius, dan Filipina, tempat produksi minyak terbaik.


Hingga pertengahan 1900-an, Filipina memiliki monopoli atas minyak ini. Saat ini, Minyak Ylang-Ylang digunakan secara melimpah, dalam elaborasi parfum kualitas terbaik.


Sejarah Minyak Ylang Ylang


Istilah ylang ylang, “bunga dari bunga, ” berasal dari bahasa Melayu “Alang-ilang,” yang berarti “cara bunga menggantung”.


Di pulau selatan, wanita biasa mengoleskan campuran minyak ylang ylang dan minyak kelapa ke rambut mereka untuk merawatnya dan menjaganya tetap sehat.


Selama bertahun-tahun, minyak ini telah digunakan di Eropa untuk membuat tonik rambut yang dikenal sebagai minyak Makasar ; Sejak saat itu, tisu antimakassar disajikan di sandaran kursi dan mencegahnya dari noda minyak.


Kelopak bunga Ylang Ylang juga digunakan sebagai tradisi atau kebiasaan untuk menutupi tempat tidur pada hari pernikahan karena kualitas afrodisiak yang dimiliki minyak ylang ylang.


Seperti Apa Bau Ylang Ylang & Apa Saja Ciri-Cirinya?


Minyak Ylang Ylang memiliki warna kuning pekat, yang mengeluarkan aroma bunga dan manis balsamic, dengan aroma neroli, melati, gum, dan krim .


Esensinya banyak digunakan dalam industri kosmetik untuk parfum, krim wajah, sampo, lotion tubuh, dan lulur .


Selain itu, dapat ditambahkan sebagai pengawet makanan untuk manisan, es krim, kue, permen.


Dalam aromaterapi, digunakan karena efek menguntungkannya pada sistem saraf, mengurangi stres dan serangan panik, bertindak sebagai obat penenang dan stimulan.


Ylang Ylang juga memiliki sifat mempotensiasi sehingga banyak digunakan untuk pijat juga.


Proses Ekstraksi Minyak Ylang Ylang


Minyak ylang ylang diperoleh melalui distilasi uap pada kelopak bunga karena memungkinkan pemeliharaan dan konservasi senyawa volatil dalam minyak.


Awal proses adalah yang paling penting karena ekstraksi pertama memungkinkan diperolehnya minyak dengan kualitas yang lebih baik dan dengan sifat yang lebih baik untuk digunakan.


Kualitas minyak ylang ylang akan tergantung pada tanaman yang digunakan untuk bunganya, khususnya pada saat dipanen. Hal ini sangat mempengaruhi aroma minyak ylang ylang.


Jika dilakukan pada pagi hari lebih menguntungkan karena kupu-kupu malam melakukan penyerbukan. Oleh karena itu, aroma paling kuat dilepaskan antara senja dan fajar dan lebih kondusif untuk penyulingan minyak.


Dosis Penggunaan Minyak Ylang Ylang


  1. Untuk penggunaan kuliner (makanan/minuman), dosis minyak ylang ylang tidak boleh melebihi 1 gram per hari atau setara dengan 30 tetes.
  2. Dalam kasus penggunaan luar, jangan melebihi 2 tetes, dan harus dikombinasikan dengan carrier oil seperti minyak kelapa, minyak almond dan minyak pembawa favorit kamu lainnya.
  3. Untuk digunakan dalam bak mandi, maksimal 5 tetes di air.


Penggunaan Dan Manfaat Essential Oil Ylang Ylang


Manfaat essential oil ylang ylang diantaranya yaitu sebagai berikut:


  1. Mendukung pertumbuhan rambut dan melawan ketombe
  2. Mengontrol minyak berlebih pada kulit
  3. Bertindak sebagai regenerator kulit
  4. Sebagai antiseptik karena mencegah jerawat dan jerawat, bertindak melawan bakteri yang mempengaruhi kulit dan membuat pori-pori tetap terbuka
  5. Membuat rileks dan merangsang dalam kasus depresi
  6. Memiliki efek afrodisiak
  7. Meningkatkan sirkulasi dan membantu mengatur detak jantung
  8. Melancarkan pernapasan
  9. Bertindak sebagai hipotensi karena mengontrol tekanan darah


Kegunaan Minyak Ylang Ylang:


Kosmetik : digunakan dalam produksi parfum, lotion tubuh dan wajah, untuk perawatan rambut, sebagai perawatan alami melawan jerawat, serta digunakan sebagai tonik untuk perawatan kuku.

Kesehatan : digunakan melawan gigitan serangga, membantu sistem saraf, memberi energi, pelemas otot, dan afrodisiak

Rumah : Jika dikombinasikan dengan produk pembersih, dapat digunakan sebagai disinfeksi dan bebas serangga


Manfaat Essential Oil Ylang Ylang Untuk Kulit


Minyak ylang ylang memiliki khasiat yang bermanfaat untuk semua jenis kulit:


  1. Membantu mengatur minyak berlebih di kulit (sebum) , mengencangkannya
  2. Melawan kerutan, garis ekspresi, dan bintik-bintik, membuat mereka terlihat lebih ringan
  3. Mencegah terbentuknya stretch mark
  4. Meregenerasi kulit yang menua dan dehidrasi
  5. Dalam kasus kulit kering, ini mencegah pengelupasan atau keretakan, memberikan hidrasi


Penelitian telah menunjukkan bahwa berkat komponen aktif yang disebut terpenoid (antioksidan) , ia bertindak baik melawan oksidasi kulit karena stres dan kerusakan DNA, yang mengarah pada kemungkinan pembentukan sel kanker di kulit.


Manfaat Essential Oil Ylang Ylang Untuk Rambut 


Adapun khasiat yang diberikan minyak ylang ylang untuk rambut adalah sebagai berikut:


  1. Meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokannya
  2. Mengontrol minyak berlebih (sebum), mencegah seborrhea dan pembentukan ketombe
  3. Ini mencegah ujung rambut pecah
  4. Bertindak sebagai tonik rambut


Essential Oil Ylang Ylang Untuk Payudara


Minyak ylang ylang mengandung hormon tumbuhan (fitohormon) dimana hormon ini mirip dengan hormon manusia yang dapat meningkatkan pertumbuhan payudara. Jika kamu ingin memiliki payudara yang kencang, kamu dapat menggunakan essential oil ylang ylang ini.


Salah satu cara untuk mendapatkan hasil terbaik yaitu dengan menggabungkan minyak ylang ylang, minyak almond, dan minyak geranium kemudian oleskan dengan memijat di sekitar payudara (hindari bagian papilla mammaria) pada malam dan pagi hari.


Manfaat penting lainnya dari minyak ylang ylang adalah:


  1. Membantu mengendalikan kecemasan.
  2. Membantu proses penurunan berat badan


Apakah Minyak Ylang Ylang dapat digunakan untuk ibu hamil dan menyusui?


Selama masa kehamilan disarankan untuk tidak menggunakan minyak ylang ylang. Karena setiap ibu hamil memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda saat hamil. 


Aroma dari minyak ylang ylang bisa saja cocok bahkan sebaliknya saat digunakan oleh ibu hamil. Jika tidak cocok dengan aroma nya, dapat menimbulkan efek mual bahkan migrain.


Begitupun dengan penggunaan minyak ylang ylang pada ibu menyusui, jika kamu ingin menggunakan minyak ylang ylang pada dua kondisi tadi, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk penggunaan yang lebih aman.


Kamu bisa lihat penggunaan essential oil untuk ibu hamil disini.


Penggunaan Kosmetik Dari Minyak Ylang Ylang


Manfaat essential oil ylang-ylang dalam penggunaan kosmetik, yaitu sebagai berikut:


  1. Karena sifat regenerasinya, minyak ylang ylang membantu mengobati bekas luka dan noda pada kulit
  2. Meningkatkan kesehatan rambut, digunakan sebagai tonik rambut
  3. Anti bakteri dan membantu menjaga kesehatan kuku dan kutikula
  4. Baik digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat; dapat digunakan bersama dengan krim wajah pribadi kamu untuk hasil yang maksimal
  5. Dapat dijadikan campuran body lotion dan digunakan untuk  pijat dapat membantu mencegah pembentukan stretch mark


Penggunaan obat dari minyak ylang ylang


  1. Berkat komposisinya dalam asam salisilat , dapat membantu menurunkan tekanan darah, hipotensi
  2. Bersifat antiseptik (mengandung seskuiterpen dan geraniol), mencegah pembentukan jerawat dan jerawat.
  3. Bertindak sebagai antispasmodik, mengendalikan nyeri otot atau kontraktur otot
  4. Baik untuk sistem saraf karena mengontrol stres, kecemasan, depresi, mengurangi jantung berdebar karena serangan panik ringan
  5. Komponen kurkuminoid dan beta-karotennya menyehatkan kulit kepala, mencegah pembentukan ketombe dan seborrhea.


Penggunaan Minyak Ylang Ylang Untuk Kuliner


Minyak ylang ylang banyak digunakan di dapur di seluruh dunia sebagai bahan tambahan. Rasa manisnya terutama untuk hidangan manis seperti salad, selai, kue, smoothie, dll.


Perlu diperhatikan bahwa minyak ini harus 100% organik dan berkualitas baik , tidak melebihi 1 gram (30 tetes) minyak per hari.


Kamu dapat mengkonsumsinya dengan aman dengan mencampurkannya dengan madu , mentega, kuning telur, cokelat leleh, dll. Kamu juga dapat menambahkannya ke resep favorit Kamu.


Essential Oil Sebagai Aromaterapi


Karena komposisi minyak ylang ylang, minyak ini digunakan dalam aromaterapi berkat sifat anxiolytic, antidepresan, menenangkan, menstimulasi, merilekskan, menghipnotis, dan penenang .


Oleh karena itu, ini membantu mengendurkan sistem saraf pusat dan menenangkan kamu selama keadaan emosional seperti kemarahan, amarah, dan kecemburuan .


Dapat merangsang perasaan positif, meredakan insomnia , menenangkan kecemasan, rasa malu dan kesedihan.


Baik digunakan untuk mengisi lingkungan dengan bau yang menenangkan dan menyenangkan. Diffuser ditempatkan di tempat paling tenang yang digunakan untuk beristirahat atau melakukan terapi pijat.


Dengan cara ini, aromanya akan dirasakan oleh hidung, dan setelah mencapai otak, akan menimbulkan efek penenang yang diinginkan.


Essential Oil Ylang Ylang Memiliki Sifat Afrodisiak


Minyak esensial ylang ylang adalah aphrodisia yang sangat baik. Mungkin karena aromanya yang lembut dan pedas merangsang indra, membangkitkan keinginan tidur dan mengaktifkan sensualitas dan seksualitas pada pasangan.


Resep krim wajah ylang ylang buatan sendiri


Jika kamu sedang mencari krim wajah yang melembabkan dengan efek antioksidan yang menunda timbulnya penuaan, tidak perlu mencari lagi!


Kami akan membagikan formula rahasia kecil ini kepada kamu yang terdiri dari 1 atau 2 tetes minyak esensial Ylang Ylang yang dapat kamu kombinasikan dengan krim wajah biasa.


Jadi, ambil blender dan campur bahan-bahan berikut ini:


  • 1/2 cangkir shea butter & kopi
  • 2 sendok makan air bunga mawar
  • 1 sendok makan gliserin nabati


Haluskan semuanya sampai diperoleh konsistensi keputihan seperti krim. Tuang emulsi ke dalam botol kaca kuning (yang akan melindungi campuran dari efek cahaya) dan simpan pada suhu kamar.


Kemudian tambahkan:


  • 5 tetes minyak esensial ylang ylang
  • 5 tetes minyak esensial lavender
  • 3 tetes minyak esensial geranium


Aduk dengan tongkat kayu (seperti tusuk sate) , campur semua minyak dalam krim sepenuhnya.


Untuk mengaplikasikannya, pijat lembut seukuran kacang polong ke kulit. Jika disimpan di tempat yang bersih, sejuk, dan kering saat tidak digunakan, krim ini akan bertahan 6 hingga 12 bulan.


Minyak Ylang Ylang Untuk Pijat


Untuk membuat minyak pijat yang menenangkan otot yang lelah, gabungkan:


  • 4 tetes minyak esensial ylang ylang
  • 4 tetes minyak esensial cendana
  • 4 tetes minyak esensial sweet orange
  • 2 tetes minyak esensial bergamot
  • 60 ml minyak pembawa pilihan kamu


Kemudian, tutup botol dan kocok perlahan untuk mencampurkan semua minyak.


Terakhir, diamkan selama beberapa hari untuk memastikan perpaduan yang lengkap dan konsisten.


Jika sudah siap, kamu dapat menggunakan minyak tersebut untuk pijat tubuh kamu.


Essential Oil Ylang Ylang Dapat Meningkatkan Sensualitas dan Keintiman


Nah setelah mengetahui info lengkap mengenai essential oil ylang ylang, kini saat nya kita masuk ke pembahasan inti yaitu manfaat minyak ylang ylang yang mampu meningkatkan seksualitas dan keintiman.


Rasa lelah karena aktivitas sehari-hari, kondisi lingkungan seringkali mengakibatkan gairah seksual menurun. Namun, untuk menjaga keharmonisan dengan pasangan tentu saja hal tersebut dapat menjadi penghambat.


Stres, kelelahan, lingkungan yang tidak kondusif dapat menghilangkan minat pada seks baik pada perempuan maupun laki-laki. Agar kondisi tetap prima dan minat seks tidak hilang meski telah beraktivitas, minyak ylang ylang ini bisa dijadikan rekomendasi untuk kalian pakai bersama pasangan.


Selain menjaga asupan makanan, olahraga yang teratur, penggunaan essentiall oil juga ternyata dapat membantu meningkatkan libido dimana hormon ini dapat meningkatkan gairah sensualitas pada tubuh.


Aroma dari minyak esensial dapat membantu menghilangkan stres dan kelelahan sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Ketika kondisi tubuh sudah stabil dan rileks tentu saja tidak dibutuhkan banyak usaha untuk memicu gairah seksualitas.


Orang telah menggunakan minyak esensial untuk meningkatkan sensualitas dan libido selama ribuan tahun.


Ide menggunakan minyak esensial untuk seks dan sensualitas, dan keyakinan bahwa minyak esensial dapat meningkatkan minat dan kenikmatan seks, bukanlah hal baru. Orang telah menggunakannya untuk tujuan tersebut dalam waktu yang sangat lama.


Penulis dan seniman Mesir kuno sering menciptakan gambaran sensual dengan mengacu pada wewangian dan wewangian dalam konteks hubungan seksual. 


Sementara banyak minyak esensial dianggap memiliki sifat sensual, beberapa muncul sebagai minyak sensual teratas untuk wanita.

Meskipun respons wanita terhadap aroma sangat individual dan personal, aroma tertentu dianggap sangat sensual atau menggugah bagi wanita. 


Modern Essentials, 5th Edition mencantumkan ylang ylang , clary sage, rose, geranium,  dan  melati  sebagai minyak esensial untuk seks atau sensualitas bagi wanita, yang dapat meningkatkan energi seksual atau meningkatkan libido.


Sumber lain menyebutkan sandalwood, cinnamon dan orange. Beberapa perusahaan membuat campuran minyak yang dirancang untuk mempromosikan sensualitas dan seksualitas pada wanita, menggunakan aroma sensual yang mereka anggap paling efektif.


Minyak dapat digunakan dengan beberapa cara untuk meningkatkan perasaan sensual.


Umumnya, metode ini melibatkan penggunaan minyak esensial encer ke kulit, menghirup aroma essential oil (aromaterapi), atau keduanya. Minyak harus diencerkan dengan minyak pembawa (seperti minyak almond, minyak zaitun ringan atau minyak kelapa cair) dan bisa dipakai sebagai parfum.


Campuran minyak yang sama dapat digunakan sebagai minyak pijat sensual . Selain itu, minyak dapat ditambahkan ke dalam bak mandi atau pancuran air hangat, disebarkan atau disemprotkan ke udara, atau disemprotkan ke seprai. (Jangan menambahkan minyak pembawa ke bak mandi atau pancuran, karena bisa licin.)


Jadi, dipersenjatai dengan informasi ini, saya menguji beberapa minyak dan campuran ini:


  • Ylang ylang + wild orange 
  • Bergamot  + ylang ylang


Encerkan essential oil di atas dengan minyak pembawa, baik minyak kelapa yang difraksinasi  atau  minyak almond. 


Untuk kamu yang tidak begitu suka aroma manis yang begitu kuat, campurkan minyak esensial wild orange  atau bergamot untuk menciptakan aroma yang lembut. Gunakan campuran essential oil ini sebagai parfum atau sebagai minyak oles (menggunakan botol roll) atau minyak pijat.


Kamu dapat menyuruh pasangan kamu untuk membalurkan campuran minyak ylang ylang tersebut ke bagian tubuh kamu sebagai minyak pijat.  Kamu juga dapat membalurkan dan memijat campuran minyak ylang ylang tersebut ke perut bagian bawah (di atas ovarium).


Nah, itu dia tips untuk meningkatkan seksualitas dan keintiman melalui essential oil ylang ylang.


Perlu diperhatikan, tips ini tentu saja hanya bisa dilakukan untuk kamu yang sudah memiliki pasangan yang sah ya.

Produk yang Diulas :
Mint Ylang-Ylang Essential Oil Capsen by Bob
Jun 11, 2021
Manfaat Essential Oil Peppermint Yang Jarang Orang Ketahui


Essential Oil atau Minyak atsiri menjadi salah satu topik paling populer untuk diteliti saat ini. Karena essential oil memiliki begitu banyak kegunaan yang berbeda dan dianggap sangat terapeutik.


Sebagian besar orang mengetahui kegunaan essential oil sebatas dijadikan aromatherapy dengan menggunakan alat yang dinamakan diffuser.


Padahal essential oil memiliki banyak kegunaan seperti digunakan untuk pijat, aplikasi kecantikan, pembersihan, dan banyak kegunaan lainnya. Minyak atsiri mungkin merupakan salah satu produk paling serbaguna yang tersedia saat ini.


Salah satu essential oil yang cukup populer dan banyak digunakan orang adalah essential oil peppermint.


Nah, kali ini kita akan membahas mengenai berbagai manfaat essential oil peppermint mulai yang paling umum hingga yang jarang orang ketahui.


Apa Itu Essential Oil Peppermint?


Minyak esensial peppermint merupakan salah satu jenis minyak favorit yang tersedia di pasaran saat ini. Asal usul Peppermint adalah campuran hibrida antara spearmint dan water mint.


Nama latinnya adalah Mentha Aquatica. Tumbuh secara alami di banyak wilayah di dunia termasuk Hutan Hujan Brazil, Australia, Eropa, dan Timur Tengah.


Penggunaan Peppermint sebagai ramuan kembali ke beberapa budaya kuno yang berbeda termasuk budaya Eropa kuno, serta pengobatan Tiongkok dan Jepang. Bahkan ada singgungan dengan ramuan menyenangkan dalam mitologi Yunani kuno.


Fakta bahwa minyak Peppermint dan turunannya ada dalam begitu banyak budaya menunjukkan bahwa minyak Peppermint populer di beberapa penjuru dunia dan secara konsisten digunakan dan dihargai dari waktu ke waktu.


Manfaat Essential Oil Peppermint Untuk Kesehatan


Kualitas alami Peppermint memberi pengguna sensasi sejuk yang memiliki efek menenangkan tubuh dan pikiran. Ini menjadikannya sumber yang baik untuk digunakan dalam pijatan karena kemampuannya untuk meredakan nyeri otot saat digunakan pada kulit.


Jika Kamu aktif dalam olahraga apapun, Kamu pasti ingin menyimpan ramuan yang berguna ini di sekitar Kamu setiap saat.


Kamu tidak pernah tahu kapan Kamu mungkin menarik otot atau membutuhkan obat cepat untuk mengurangi rasa sakit.


Essential oil peppermint dapat membantu dengan menawarkan alternatif yang aman dan cepat dari obat-obatan yang dijual bebas atau menghabiskan uang untuk dokter atau ahli tulang untuk penyembuhannya.


Tentu saja, jika Kamu sendiri mengalami cedera parah, kami menganjurkan agar Kamu memeriksanya.


Tetapi bagi banyak atlet, minyak esensial seperti minyak Peppermint dapat berfungsi sebagai alternatif yang menenangkan, atau dapat melengkapi apa yang Kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit dengan metode lain.


Segarkan Bau Nafas 


Ada kegunaan lain untuk minyak esensial Peppermint seperti untuk membantu menyegarkan bau mulut atau menenangkan masalah perut. Sifat obat alami membuatnya menjadi salah satu minyak esensial alami yang paling didambakan.


Manfaat kesehatan minyak Peppermint telah terdokumentasi dengan baik dan sudah ada sejak 1.000 SM. Bukti penggunaan minyak ini telah ditemukan di banyak piramida di Mesir. Jadi minyak Peppermint ini rupanya sangat dihargai di Mesir kuno.


Peppermint dianggap sebagai ramuan alami yang sangat berharga yang memiliki berbagai kegunaan hebat setiap hari, baik untuk pengobatan maupun kosmetik.


Meningkatkan Fokus Mental


Minyak peppermint dikenal membantu meningkatkan fokus mental. Tidak diketahui secara pasti bagaimana ia bisa melakukan ini. Bisa jadi bau yang menyejukkan, dan perasaan yang didapat orang saat berada di sekitar aroma peppermint yang menyenangkan.


Bisa jadi sifat mint dalam ramuan yang memiliki nilai obat yang sebenarnya. Terlepas dari asalnya, ini menghasilkan efek positif pada pikiran yang dipercaya banyak orang membantu mereka untuk fokus.


Mengurangi Sakit Perut


Sifat obat alami dari minyak Peppermint membantu mengurangi gangguan perut termasuk mual dan sakit perut.


Banyak orang juga melaporkan bahwa menggunakan minyak esensial peppermint dapat meningkatkan pencernaan mereka. Ini mungkin karena sifat menenangkan yang mampu mengurangi kejang otot.


Membersihkan Saluran Pernapasan 


Manfaat besar lainnya dari Peppermint adalah kemampuannya untuk menghilangkan alergi dan masalah pernapasan.


Kualitas daun mint alami membantu mengatasi masalah sinus dan alergi dengan membuka rongga sinus dan membantu memulihkan pernapasan menjadi lebih bebas.


Terapi Sendi


Minyak peppermint sering digunakan untuk terapi sendi. Ini membantu mengendurkan otot dan membuat persendian lebih bergerak.


Efek yang dijelaskan beberapa orang menyerupai mandi air dingin (dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint ke dalam air) tetapi membuat Kamu tetap hangat sambil menikmati efeknya.


Mengobati Gangguan Pencernaan


Untuk gangguan pencernaan, oleskan minyak peppermint yang dicampur dengan minyak pembawa di perut Kamu secara melingkar.


Mengatasi Pilek / Flu


Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke pelembab udara untuk membantu mengatasi pilek dan hidung tersumbat.


Mengatasi Sakit Kepala


Atasi sakit kepala dengan mencampurkan minyak peppermint dengan minyak pembawa dan mengoleskannya pada sinus atau pelipis kamu.


Kamu juga dapat mengoleskannya pada bagian leher untuk membantu meredakan sakit kepala tegang.


Mengatasi Gigitan Serangga


Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint dan minyak lavender ke dalam minyak pembawa untuk meredakan gigitan serangga yang gatal.


Membantu Menghilangkan Lelah Pada Kaki


Saat kaki terasa pegal karena banyaknya aktifitas yang kamu jalankan, kamu bisa mengatasi rasa pegal pada kaki kamu dengan menggunakan minyak peppermint.


Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam rendaman kaki dengan garam epsom untuk membantu merilekskan kaki yang lelah dan lelah.


Mengatasi Mabuk Perjalanan


Sebagian orang sering merasa tidak nyaman saat melakukan perjalanan seperti mual dan pusing.


Untuk membantu mengatasi mabuk perjalanan, gosokkan sedikit minyak yang telah diencerkan dengan minyak pembawa ke bagian dalam pergelangan tangan kamu.


Mengurangi Pembengkakan


Campurkan minyak peppermint dengan minyak pembawa dan oleskan pada benjolan dan memar untuk membantu meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan.


Meningkatkan Fungsi Otak


Hirup sedikit minyak peppermint saat belajar dan kemudian sebelum tes untuk meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kewaspadaan.


Meredakan Ruam


Untuk membantu meredakan ruam,  campurkan beberapa tetes minyak peppermint dengan sedikit minyak kelapa dan gosokkan ke area yang terkena.


Manfaat Essential Oil Peppermint Untuk Kebutuhan Rumah Tangga


Selain banyak manfaat kesehatan yang dapat Kamu peroleh dari minyak peppermint, Kamu juga dapat memperoleh banyak manfaat dari minyak ini dari segi kebutuhan rumah tangga.


Berikut ini beberapa manfaat Essential Oil Peppermint dari segi kebutuhan rumah tangga yang jarang orang ketahui.


Sebagai Pembersih Serba Guna


Untuk menggunakan Minyak Peppermint sebagai pembersih serbaguna, ikuti petunjuk berikut:


  1. Siapkan botol semprot bekas, 1/4 cangkir cuka putih, dan 30 tetes minyak Peppermint.
  2. Campur cuka dengan sekitar 15 tetes Minyak Peppermint dan 15 tetes minyak Lemon (atau minyak esensial lainnya).
  3. Tuang campuran tersebut ke dalam botol semprot untuk digunakan di sekitar rumah Kamu.


Gunakan pembersih yang telah kamu buat untuk membersihkan apa pun di rumah biasanya seperti lantai, kamar mandi, wastafel dapur, dan area lainnya.


Minyak Peppermint untuk Membersihkan


Campur minyak peppermint dengan tree tea oil untuk membuat disinfektan untuk barang-barang di sekitar rumah kamu. Tambahkan sekitar 10-20 tetes ke dalam campuran cuka putih dan air ke dalam botol semprot 16oz dan kocok dengan baik. Semprotkan untuk membersihkan dan mendesinfeksi.


Tambahkan sedikit minyak peppermint ke pembersih buatan rumah untuk memberi aroma segar dan memberi mereka sifat antijamur dan antibakteri.


Singkirkan Hama dengan Minyak Peppermint


Jauhkan semut dan laba-laba dari rumah kamu dengan membuat penghalang minyak peppermint. Oleskan sedikit minyak pada bola kapas dan seka di sekitar area dimana semut dan serangga lain masuk ke rumah kamu seperti pintu atau jendela. Berbagai serangga tersebut tidak akan melewati penghalang.


Tempatkan minyak peppermint pada bola kapas rumah untuk mencegah tikus. Tinggalkan kapas di area strategis di sekitar rumah kamu untuk menjauhkan hewan pengerat!


Buat semprotan peppermint buatan sendiri untuk membasmi kutu. Campur beberapa tetes minyak peppermint dengan garam epsom  dan air hangat. Kocok sampai garam larut. Semprotkan pada karpet dimana tempat kutu mungkin bersembunyi atau hewan peliharaan seperti anjing yang memiliki bulu yang lebat.


Minyak peppermint juga dapat membunuh larva kutu. Buat semprotan taman organik yang membunuh kutu daun. Campurkan beberapa tetes minyak peppermint dengan sedikit air dalam botol semprot dan semprotkan pada tanaman dengan infestasi aphid.


Sebagai Freshener Laundry


Jika Kamu merasa cucian Kamu berbau sedikit menjemukan, cobalah beberapa Minyak Peppermint yang menyegarkan saat Anda mencuci pakaian kamu.


Kamu dapat mencampurkan minyak Peppermint dengan deterjen tanpa pewangi untuk mendapatkan aroma segar dan mint atau coba tambahkan beberapa tetes ke pengering pakaian Kamu. Bagaimanapun, ini akan meninggalkan bau segar di cucian kamu yang akan kamu sukai.


Bagi orang yang alergi terhadap pelembut kain tradisional, Minyak Peppermint akan memberikan alternatif yang bersih dan lebih sehat untuk pelembut kain biasa dan menghindarimu dari bahan kimia lainnya yang dapat mengiritasi kulit.


Sebagai Penyegar Udara Alami


Jika kamu menginginkan sesuatu untuk menyegarkan udara di rumah kamu secara alami, kamu tidak bisa mengalahkan aroma Minyak Peppermint alami yang bersih dan segar. Penggunaan minyak esensial peppermint dengan cara ini memang paling umum dimanfaat orang. 


Cara menggunakan essential oil peppermint sebagai penyegar udara di rumah kamu yaitu dengan menggunakan diffuser agar aroma dari minyak ini menyebar keseluruh ruangan.


Sebagai Produk Kecantikan


Minyak esensial peppermint dapat digunakan untuk berbagai produk kecantikan. Aplikasi ini semuanya dapat berkontribusi pada penampilan dan rutinitas perawatan kamu sambil menyediakan bahan antiseptik sehat yang membuat kamu merasa nyaman.


Menghilangkan ketombe atau kutu


Kamu dapat menghilangkan ketombe dan mengendalikan kutu rambut dengan menggunakan Peppermint dalam sampo kamu. Teteskan saja beberapa tetes ke dalam sampo kamu untuk membantu mengendalikan kutu atau ketombe tanpa bahan kimia keras yang biasanya kamu dapatkan saat membeli pengontrol kutu yang dijual bebas atau sampo anti ketombe.


Mendinginkan Kulit 


Untuk perasaan ekstra sejuk, coba masukkan sedikit minyak Peppermint ke dalam sabun mandi atau lotion kamu. Ini akan membuat kamu merasa lebih segar dan membuat kamu bersemangat selama berjam-jam.


Atau kamu juga dapat menambahkan nya ke minyak tubuh untuk perasaan sejuk setelah mandi atau mandi.


Peppermint menambahkan rasa dan aroma ekstra segar ke dalam minyak tubuh kamu. Gunakan untuk minyak tubuh setelah mandi atau minyak pijat.


Sebagai pembersih wajah-untuk mencegah jerawat


Kamu juga bisa menggunakan minyak Peppermint sebagai pembersih wajah. Ini memberi kamu perasaan segar, kesemutan, dan beberapa orang mengatakan itu mencegah jerawat.

Apr 05, 2021
Tips Mudah Merawat Diffuser Agar Awet Dan Tahan Lama


Essential oil menjadi salah satu pilihan yg efektif untuk membantu menjaga kesehatan. Penggunaan essential oil juga tentu saja aman karena terbuat dari berbagai tanaman herbal alami.


Bahkan beberapa essential oil juga aman digunakan untuk bayi asalkan mengikuti aturan pakai yang sudah disesuaikan.


Essential Oil bisa digunakan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut.


Topikal


Cara menggunakan essential oil dengan mengoleskannya langsung pada kulit. Cara penggunaan essential oil ini harus ditambahkan dengan minyak pendamping atau carrier oil (misal minyak kelapa atau minyak zaitun) dengan perbandingan takaran yang sesuai agar tidak menimbulkan efek negatif. Bagi kamu yang memiliki kulit yang sensitif, lebih baik mencoba nya terlebih dahulu sebelum menggunakannya langsung dalam jumlah banyak untuk memastikan cocok atau tidaknya kamu menggunakan minyak esensial.


Menghirupnya Secara Langsung


Essential Oil juga ada yang berbentuk roller. Selain dapat digunakan langsung pada area yang kamu inginkan, kamu juga bisa menghirupnya secara langsung untuk memberikan efek segar dan menenangkan.


Menggunakan Diffuser


Salah satu cara asyik dalam menggunakan essential oil yaitu menggunakan alat yang dinamakan Diffuser sebagai aromaterapi.

Penggunaan essential oil dengan menggunakan Diffuser tidak hanya memberikan manfaat untuk diri sendiri tapi juga orang lain yang berada di ruangan tersebut. Bagi yang sudah berkeluarga, penggunaan essential oil dengan cara ini dirasa paling efektif untuk menjaga kesehatan keluarga bersama.


Berbicara mengenai Diffuser, kamu juga harus teliti dalam membeli Diffuser. Karena tidak sedikit orang yang terkecoh karena bentuknya yang mirip, mereka mengira Humidifier sebagai Diffuser. Karena Diffuser dan Humidifier jelas memiliki fungsi yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaan Diffuser dan Humidifier kamu bisa lihat pada artikel sebelumnya.


Diffuser dibandrol dengan harga yang tidak murah. Untuk itu kamu harus pintar-pintar merawat Diffuser agar awet dan tahan lama.


Tidak hanya dari segi keawetan Diffuser saja, tidak merawat Diffuser justru akan membuat fungsi Diffuser sendiri berubah. Penggunaan Diffuser yang harusnya memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan lewat essential oil yang diuapkan, justru sebaliknya dapat menyebarkan debu,bakteri dan kuman ke udara karena kondisi Diffuser yang kotor karena tidak dirawat. Hal tersebut tentu dapat memicu alergi baik pada kulit maupun pernapasan.


Meski terlihat sepeleh, masih banyak kesalahan dalam merawat Diffuser yang orang-orang lakukan.


Untuk menghindari kesalahan dalam merawat Diffuser, simak beberapa tips merawat Diffuser agar awet dan tahan lama.


Matikan Diffuser


Setelah selesai pemakaian, jangan lupa untuk mematikan Diffuser dengan cara menekan tombol off. Jangan lupa untuk cabut adabtor dari stop kontak. Hal ini penting sekali dilakukan selain agar Diffuser tidak mudah rusak juga dapat mencegah terjadinya konsleting listrik.


Kosongkan Tangki Air


Tidak sedikit orang yang membiarkan air sisa pemakaian essentisl oil begitu saja di dalam Diffuser. Padahal hal ini dapat menjadi salah stu penyebab Diffuser menjadi cepat rusak. Apabila selesai menggunakan Diffuser, kosongkan sisa air pada tangki air Diffuser. Air yang terlalu lama digunakan di Diffuser akan berubah menjadi bau. Jadi sering-seringlah mengganti air pada Diffuser. Jika tidak ingin menggunakannya lagi, lebih baik buang sisa air yang ada pada tangki air Diffuser.


Keringkan Tangki Air Diffuser


Setelah sisa air dibuang, keringkan tangki air Diffuser menggunakan kain bersih. Untuk menghilangkan sisa-sisa minyak dari essential oil, kamu bisa bersihkan tangki air menggunakan kapas. Jika dirasa masih kurang bersih, tangki air Diffuser bisa kamu cuci, pastikan air tidak mengenai bagian lubang udara Diffuser. Dalam membersihkan Diffuser, hindari pembersih yang mengandung alkohol seperti tisue basah misalnya.


Cara Menggunakan Diffuser


Cara menggunakan Diffuser juga mempengaruhi keawetan Diffuser sendiri. Untuk itu kamu harus memperhatikan cara yang benar dalam menggunakan Diffuser agar Diffuser kamu awet dan tahan lama. Seperti dalam pengisian air, pastikan untuk tidak mengisinya langsung dari sumber air seperti keran misalnya. Kamu bisa mengambil air mnggunakan wadah seperti gelas, baru dimaukkan ke dalam Diffuser. Pastikan air yang terisi tidak penuh. Cukup 2/3 dari kapasitas maksimum.


Apr 02, 2021
Tips Dan Rekomendasi Essential Oil Yang Aman Untuk Bayi

Essential oil sudah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak dari zaman dahulu.


Minyak essential oil memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu mampu meningkatkan kesehatan tubuh maupun emosional, baik untuk kecantikan tubuh seperti menjaga kesehatan kulit dan rambut, menghilangkan stress serta dapat menenangkan pikiran.Manfaat essential oil lengkap bisa Anda lihat pada artikel sebelumnya.


Amankah Essential Oil untuk Bayi?


Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, tapi perlu diperhatikan bahwa essential oil tidak dapat digunakan untuk bayi dibawah usia tiga bulan (< 3 bulan).


Hal itu dikarenakan kondisi kulit bayi masih tipis serta sistem imun atau kekebalan tubuh bayi dibawah usia tiga bulan masih belum sempurna.


Jadi, untuk bayi dibawah tiga bulan, disarankan untuk tidak menggunakan  minyak esensial. Di atas usia tersebut, Anda boleh menggunakan essential oil untuk bayi Anda namun dengan aturan dan takaran yang sudah ditentukan.


Rekomendasi Essential Oil Yang Aman Untuk Bayi


Semua jenis essential oil memberikan efek samping yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun jika digunakan untuk bayi walaupun di atas usia tiga bulan, tidak semua jenis essential oil memberi efek baik bagi kesehatan tubuh.


Jadi, sekali lagi, Anda tidak boleh asal menggunakan essential oil untuk bayi.

Ada beberapa essential oil yang diperbolehkan untuk digunakan pada bayi. Berikut ini rekomendasi essential oil yang aman untuk bayi:


Essential Oil Lavender


Essential oil yang aman digunakan untuk bayi yang pertama yaitu essential oil lavender.


Essential oil lavender ini cocok sekali digunakan saat bayi Anda  rewel dan susah tidur. Karena kandungan yang ada pada bunga lavender salah satunya yaitu mampu merilekskan sehingga bayi Anda jadi lebih tenang dan mudah tidur.


Penggunaan minyak esensial lavender pada bayi juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan imun bayi. Karena essential oil lavender mengandung antioksidan sehingga bayi tidak mudah sakit dan dapat mencegah flu dan pilek.


Penggunaan minyak esensial lavender dapat membuat bayi terbebas dari gangguan serangga dan nyamuk. Karena wangi dari bunga lavender pada essential oil tidak disukai nyamuk dan serangga. Tidak hanya mencegah, Essential oil lavender juga dapat digunakan sebagai obat untuk gigitan nyamuk dan serangga.


Essential Oil Chamomile


Selain essential oil lavender, minyak esensial yang aman digunakan untuk bayi yaitu Chamomile. Saat bayi Anda rewel dan susah tidur, jika tidak ada essential oil lavender, Anda bisa menggunakan essential oil chamomile.


Essential oil chamomile bersifat lembut dan menenangkan sehingga mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh bayi dan membantu bayi terlepas dari rasa cemas, rewel dan mengatasi masalah sulit tidur pada bayi.


Bahkan campuran chamomile essential oil dengan lavender mampu meredakan gejala koli yang dialami oleh bayi.


Essential Oil Eucalyptus Radiata


Saat bayi Anda mengalami flu atau pilek, biasanya bayi akan lebih rewel karena hidung tersumbat dan pernapasan bermasalah akibat pilek tersebut.


Essential oil eucalyptus bisa digunakan untuk bayi Anda yang sedang mengalami flu, pilek atau masalah pernapasan.


Eucalyptus Radiata aman untuk diaplikasikan pada bayi dan mengandung ekspektoran alami yang mampu mengatasi masalah pernapasan yang tersumbat.


Essential Oil Tea Tree


Penggunaan popok pada bayi selain memberikan manfaat, disisi lain juga dapat menyebabkan permasalahan pada kulit bayi.


Apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan timbulnya ruam.


Essential oil tea tree menjadi salah satu essential oil yang aman untuk bayi khususnya saat bayi mengalami ruam akibat dari penggunaan popok.


Kandungan antimikroba dan anti jamur pada minyak esensial tea tree ini dapat mencegah dan mengobati ruam akibat penggunaan popok.


Essential oil tea tree juga mengandung desinfektan alami yang aman untuk bayi. Cara menggunakannya yaitu campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan carrier oil.


Cara Menggunakan Essential Oil Yang Aman Untuk Bayi


Selain kandungan bahan pada essential oil, salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan essential oil yang aman untuk bayi yaitu cara menggunakannya.


Berikut ini cara menggunakan essential oil yang aman untuk bayi.


Melalui Pijatan


Pijat bayi dapat dilakukan untuk meredakan sakit perut, menenangkan bayi dan membuat bayi rileks setelah mandi.


Bisa juga dilakukan sebelum tidur dengan cara teteskan 1-2 essential oil dengan carrier oil, campurkan di telapak tangan kemudian gosok dengan menggunakan kedua tangan lalu pijat mulai dari kaki si bayi dengan lembut hingga ke atas. 


Jika sudah mencapai perut dan dada bayi, ratakan tangan kemudian buatlah lingkaran kecil dengan jari-jari. Tidak perlu terlalu ditekan tapi lebih untuk menimbulkan rasa hangat dan nyaman pada bayi.


Dengan rangsangan tersebut, bayi akan lebih rileks dan nyaman. Namun Anda harus memperhatikan tanggapan bayi ketika dipijat. Jika si bayi selalu menangis, hentikanlah memijat karena itu menandakan bahwa si bayi merasa tidak nyaman.


Dicampur Dengan Air Mandi


Cara ini bisa dipakai dengan mencampurkan 1-2 tetes essential oil dengan carrier oil ke dalam bak mandi bayi. Selain memberikan sensasi yang berbeda saat mandi, bayi biasanya  jadi lebih tenang sehingga mudah untuk tidur setelahnya.


Diffuser (Aromaterapi)


Untuk melakukan penguapan essential oil ke udara untuk melembabkan ruangan dan membuat udara jadi lebih sehat dan segar, maka campurkan 3-5 tetes essential oil dengan 300 ml air pada diffuser.


Aplikasikan Pada Tempat Tidur


Teteskan Essential Oil pada sisi tempat tidur bayi untuk membuatnya tidur lebih nyenyak.


Tips Menggunakan Essential Oil Yang Aman Untuk Bayi


Tapi walaupun dianggap aman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan atau mengoleskan minyak esensial pada bayi yaitu:


  1. Hindari penggunaan essential oil yang dicampur dengan alkohol dan wewangian sintesis karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Pilihlah essential oil yang benar-benar murni.
  2. Hindari penggunaan essential oil pada bayi di usia dibawah tiga bulan. Namun pada beberapa minyak esensial juga tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi dibawah usia enam bulan.
  3. Minyak esensial untuk bayi harus diencerkan terlebih dahulu dengan carrier oil sebelum dioleskan ke kulit bayi. Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa atau minyak almond untuk mengencerkannya. Untuk takaran pengenceran minyak esensial tergantung pada usia bayi. Untuk bayi berusia di atas 3 tahun rasio pengenceran yang aman dan direkomendasikan adalah antara 0,5-1%.
  4. Disarankan untuk mengoleskan sedikit minyak esensial yang telah diencerkan ke kaki atau lengan bayi sebelum mengoleskannya ke bagian tubuh lainnya. Apabila dalam waktu 24 jam muncul reaksi berupa kemerahan atau peradangan, maka hentikan penggunaan. Bisa jadi hal tersebut merupakan reaksi alergi terhadap kandungan dalam minyak tersebut.
Mar 20, 2021
Cara Menggunakan Essential Oil yang Aman & Tepat


Minyak esensial (Essential Oil) memiliki banyak manfaat. Tapi tahukah kamu ternyata essential oil juga memberikan efek samping yang berbahaya lho bagi tubuh.


Sebelum kamu menggunakan minyak esensial, alangkah baiknya kamu baca dulu secara menyeluruh mengenai Essential Oil.


Agar kamu tidak salah paham, baca sampai selesai mengapa essential oil yang terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan justru menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh kamu.


Jangan Asal Pakai Essential Oil 


Apapun yang memiliki manfaat yang baik namun jika dalam penggunaannya tidak sesuai dengan aturan atau dalam kata lain “asal pakai”, justru bukan manfaat yang di dapat melainkan efek samping yang berbahaya, begitupun dengan Essential Oil.


Essential Oil memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dari berbagai kandungan tanaman herbalnya dengan catatan digunakan dengan takaran dan cara yang tepat.


Agar tidak salah dalam menggunakan Essential Oil, alangkah lebih baik kamu ikuti petunjuk penggunaan dari produk Essential Oil yang kamu beli. 


Namun jika masih ada rasa ragu dan takut apakah cara kamu menggunakan Essential Oil benar atau tidak, kamu bisa konsultasi dengan Dokter terlebih dahulu.


Essential Oil dapat digunakan dengan cara mengirup aromanya dengan menggunakan alat Diffuser atau bahkan sekarang ada juga yang portable, kamu dapat menggunakannya dengan digantungkan pada tas atau bahkan mengalungkan nya.


Kamu juga dapat menggunakan minyak esensial dengan mengoleskannya langsung pada kulit dengan catatan terdapat campuran Carrier Oil pada Essential Oil tersebut.


Pastikan untuk menghindari penggunaan minyak esensial secara oral atau diminum. Hindari juga mengoleskan minyak esensial pada bagian tubuh / lubang lendir (contoh: mulut, vagina).


Selektif Memilih Brand Essential Oil


Salah satu penyebab timbulnya efek samping berbahaya dari Essential Oil yaitu kandungan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan minyak esensial itu sendiri.


Essential Oil yang memiliki kualitas yang baik yaitu Essential Oil yang terbuat dari tanaman herbal alami dengan proses pembuatan sesuai standar Aromaterapis.


Pastikan untuk selektif dalam memilih brand Essential Oil. Harga yang mahal dan brand yang begitu terkenal tidak menjamin kualitas dari produk tersebut.


Pilih minyak esensial yang memang telah teruji klinis oleh ahli Aromaterapis,tidak mengandung minyak sintetis dan berbagai zat adiktif.


Label “Alami” yang digunakan berbagai brand tidak menjamin ke-alamian bahan baku yang digunakan untuk memproduksi minyak esensial tersebut.


Pastikan Usia Pengguna Essential Oil


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Essential Oil tidak boleh digunakan secara sembarangan. Tidak cukup memperhatikan cara penggunaan dan takaran nya saja, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan minyak esensial.


Kamu juga harus memperhatikan riwayat kesehatan, usia hingga obat yang sedang dikonsumsi saat ini.Karena beberapa kondisi tersebut dapat mempengaruhi efek samping yang timbul dalam penggunaan Essential Oil.


Berbicara mengenai usia, kamu harus memperhatikan hal ini sebelum menggunakan Essential Oil.  Karena beda usia, beda juga takaran pakainya.


Untuk bayi atau balita disarankan untuk tidak menggunakan essential oil terlebih dahulu. Karena organ tubuh bayi atau balita masih belum mampu untuk mengolah minyak esensial yang digunakan.


Jika ingin menggunakan minyak esensial untuk bayi atau balita, kamu bis apilih produk Essential Oil yang memang khusus untuk bayi atau balita dan pastikan untuk konsultasi ke Dokter untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.


Penggunaan minyak esensial pada anak-anak juga tidak boleh sembarangan. Walaupun sudah terbilang besar, kamu tetap harus memastikan minyak esensial tersebut tidak memberikan efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh nya.


Satu hal yang perlu kamu perhatikan juga yaitu hindari penggunaan minyak esensial pada orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan pada organ pernapasan mereka.


Efek Samping Berbahaya Essential Oil


Jika digunakan dengan aturan yang sesuai Essential Oil memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun apa akibatnya jika Essential Oil digunakan secara sembarangan tanpa memperhatikan aturan pemakaian?


Berikut ini beberapa efek samping berbahaya dari Essential Oil ketika kamu menggunakannya secara sembarangan:


Menyebabkan Alergi


Penggunaan Essential Oil dengan cara yang salah dapat memberikan efek samping salah satunya yaitu alergi. Alergi timbul ketika ada suatu zat yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh sehingga menimbulkan masalah kesehatan.


Alergi yang timbul dapat berupa pusing, sakit kepala, mual, bahkan bisa sampai pingsan jika menggunakan essential oil sebagai aromaterapi dengan menggunakan Diffuser namun dengan takaran yang tidak sesuai.


Jika digunakan dengan cara dioleskan langsung pada kulit namun dengan cara dan takaran yang salah, alergi yang muncul dapat berupa gatal-gatal, muncul ruam dan merah-merah pada bagian kulit yang diolesi minyak esensial tersebut.


Bagi yang mempunyai riwayat kesehatan pernapasan, penggunaan minyak esensial yang salah dapat menyebabkan asma. Bahkan hal ini bisa juga terjadi pada mereka yang tidak memiliki riwayat kesehatan pernapasan.


Untuk itu penting sekali kamu memperhatikan aturan pemakaian Essential Oil yang telah disebutkan di atas. Jika terjadi beberapa efek samping tersebut konsultasikan langsung pada Dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai.


Cara Menggunakan Essential Oil Yang Aman


Untuk menghindari berbagai efek samping berbahaya essential oil bagi kesehatan tubuh, bagaimana cara menggunakan essential Oil yang aman?


Perhatikan Usia Dan Takaran / Dosis


Hal yang paling mendasar dalam menggunakan Essential Oil dengan aman yaitu dengan  memperhatikan usia dan mencocokan sesuai takaran atau dosis nya.


Selain itu kamu juga harus teliti melihat berbagai kandungan bahan dari essential oil tersebut. Pilih essential oil yang tidak menggunakan bahan kimia atau memiliki kandungan bahan kimia paling sedikit.


Pilih Jenis Essential Oil Yang Tepat


Banyak sekali jenis aroma essential oil. Setiap aroma tentunya memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh.


Pilih aroma sesuai kebutuhan atau keluhan kamu. Kamu juga bisa memilih aroma sesuai dengan selera kamu. Namun pastikan untuk tidak memilih aroma essential oil yang dapat membuat tubuh kamu alergi.


Mencoba Essential Oil


Sebelum memakai langsung sesuai dosis dalam penggunaan sehari-hari, kamu bisa mencoba essential oil terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada masalah atau efek samping berbahaya ketika kamu menggunakannya.


Cara mencoba essential oil nya yaitu dengan mengoleskan dibagian pergelangan tangan sedikit saja. Tapi sebelum mengoleskan minyak esensial pastikan tangan kamu bersih.


Setelah dioleskan dipergelangan tangan, tutup bagian yang diolesi itu dengan kain kasa dan biarkan selama satu hari (24 jam).


Jika tidak ada reaksi negatif seperti gatal-gatal, timbul bercak merah atau ruam, kamu bisa melanjutkan penggunaan essential oil tersebut. Namun tetap gunakan secara hati-hati ya guys.


Menggunakan Essential Oil Secara Oles


Banyak cara menggunakan essential oil, salah satunya dengan cara dioleskan. Jika kamu menggunakan essential oil dengan cara dioles, kamu harus ekstra hati-hati karena tidak semua bagian tubuh bisa dioles dengan minyak esensial.


Jangan terlalu banyak mengoleskan essential oil dan pastikan untuk menghindari area-area tertentu seperti mata, hidung, mulut dan bagian tubuh yang terdapat lendir.


Menggunakan Essential Oil Sebagai Aromaterapi


Cara menggunakan essential oil sebagai aromaterapi menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan orang. 


Karena penggunaan essential oil dengan cara ini, tidak hanya kau saja yang mendapat manfaat dari minyak esensial tapi orang yang berada di lingkungan tersebut. Karena uap yang keluar dari Diffuser menyebar ke seluruh ruangan tersebut.


Cara aman menggunakan essential oil sebagai aroma terapi yaitu dengan memastikan takaran perbandingan air dengan minyak esensial sesuai aturan penggunaan. Disarankan untuk tidak terlalu lama menggunakan essential oil sebagai aromaterapi, cukup 30 sampai 60 menit.


Mar 19, 2021
Humidifier VS Diffuser: Mana Yang Paling Cocok Untuk Essential Oil


Penggunaan Essential Oil sebagai aromaterapi kini makin banyak diminati, karena tidak hanya aromanya yang mengubah udara di ruangan semakin nyaman dan aman tentu saja karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan.


Menggunakan Essential Oil sebagai aromaterapi tentu saja butuh alat untuk mengubah minyak ini menjadi uap.


Sayangnya tidak sedikit orang yang keliru dalam memilih alat sebagai pendamping penggunaan Essential Oil sebagai aromaterapi.


Diffuser atau Humidifier, menurut kamu dari kedua alat ini mana yang paling tepat digunakan untuk essential oil?


Yaps, alat yang cocok digunakan untuk Essential Oil lebih tepatnya yaitu Diffuser. Dari segi bentuk memang lumayan mirip antara Diffuser dan Humidifier.


Meski begitu, kedua alat ini jelas sekali memiliki berbagai segi perbedaan yang cukup signifikan. 


Agar lebih jelasnya perhatikan beberapa perbedaan antara Humidifier dan Diffuser berikut ini, agar kamu tidak salah membeli alat untuk penggunaan Essential Oil.


Perbedaan Fungsi Humidifier Dengan Diffuser


Banyak orang mengira kedua alat ini memiliki fungsi yang sama, yakni sama-sama digunakan untuk men-diffuse minyak esensial.


Padahal Humidifier dan Diffuser memiliki fungsi dasar yang jelas-jelas berbeda. Berikut ini perbedaan Humidifier dan Diffuser dari segi fungsinya:


Humidifier


Dari segi namanya saja sudah jelas, Humidifier memiliki arti pelembab. Fungsi dari alat Humidifier yaitu melembabkan udara pada suatu ruangan. 


Selain itu Humidifier ini juga dapat mengatur tingkat kelembaban udara dalam suatu ruangan. Sehingga alat ini sangat cocok digunakan di daerah yang cenderung kering dan panas.


Humidifier tidak mengeluarkan bau atau wewangian, alat ini hanya berfokus pada kelembaban pada ruangan.


Bagi yang memiliki riwayat kesehatan pernapasan serta alergi udara, disarankan untuk menggunakan Humidifier pada ruangannya.


Karena penggunaan Humidifier dapat membantu melancarkan udara di ruangan tersebut sehingga dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma, pilek atau flu serta alergi yang disebabkan karena udara.


Bagi yang memiliki masalah kulit kering juga dapat menggunakan Humidifier agar kulit tetap lembab.


Diffuser


Dari segi namanya, Diffuser memiliki arti penyebar. Diffuser sendiri memiliki fungsi yaitu menyebarkan uap dari minyak esensial yang telah diisi sebelumnya, sehingga essential oil tersebut ter-diffuse dengan baik menjadi uap yang menyebar di area ruangan tersebut.


Jika Humidifier tidak menyebarkan aroma atau bau wewangian, berbeda dengan Diffuser yang justru membuat ruangan menjadi harum.


Wangi harum tersebut berasal dari Essential Oil yang telah diteteskan terlebih dahulu dengan campuran air sesuai dengan takaran.


Tentu saja aroma yang dihasilkan sesuai dengan aroma dari tiap minyak esensial yang digunakan. Dan tiap aroma dari Essential Oil tentunya memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan.


Selain membuat ruangan menjadi lebih segar, penggunaan Diffuser juga berfungsi sebagai aromaterapi dari minyak esensial tersebut sehingga membuat kamu menjadi lebih rileks.


Penggunaan Diffuser juga berfungsi untuk membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur serta membersihkan udara dalam ruangan sehingga membantu melancarkan sistem pernapasan.


Cara Kerja Humidifier VS Diffuser


Berbeda fungsi tentu saja dua alat ini memiliki cara kerja yang berbeda juga. Berikut ini perbedaan cara kerja  Humidifier dan Diffuser.


Humidifier


Berdasarkan cara kerjanya, Humidifier terbagi menjadi empat jenis yaitu sistem elektronik, sistem evaporasi, sistem hybrid dan sistem uap.


Dari empat jenis Humidifier di atas, tiap sistemnya sama-sama mengeluarkan uap air karena memang fungsi utama dari Humidifier yaitu meningkatkan dan mengatur kelembaban udara. Namun setiap sistem tersebut memiliki cara yang berbeda dalam mengeluarkan uap.


Berikut ini cara kerja Humidifier berdasarkan jenis sistem kerjanya, yaitu sebagai berikut:


Sistem Elektronik


Pada sistem ini, Humidifier bekerja dengan menggunakan gelombang elektronik yang menghasilkan panas sehingga mampu menguraikan air menjadi uap air.


Sistem Evaporasi


Berbeda dengan sistem elektronik, Humidifier dengan sistem evaporasi ini membutuhkan paper humidifier dan angin dalam proses kerjanya.


Proses penguapan bekerja dengan menggunakan bantuan angin, dimana paper humidifier dapat melewati filter yang berisi air dan uap air melalui bantuan angin tersebut.

 

Sistem Uap


Saat ingin menggunakan Humidifier, tentu kamu harus memasukkan sejumlah air ke dalam nya sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Nah, air yang digunakan tersebut akan diproses hingga mengeluarkan uap.


Sama hal nya ketika kamu merebus air, air yang direbus tersebut akan mengeluarkan uap hangat saat kamu membuka penutup airnya. Kurang lebih seperti cara kerja nya.


Sistem Hybrid


Humidifier dengan sistem hybrid menggabungkan dua sistem kerja humidifier yaitu sistem uap dan sistem evaporasi.


Uap air yang dihasilkan melalui proses pemanasan air seperti yang telah dijelaskan pada sistem uap, namun juga memanfaatkan angin dan menggunakan paper dalam melewati penyaring  yang berisi air dan uap air tersebut.


Diffuser


Cara kerja Diffuser memang tidak jauh berbeda yaitu dengan cara mengeluarkan uap ke udara. Namun perlu digaris bawahi, uap yang keluar dari Humidifier berasal dari air sedangkan Diffuser berasal dari essential oil.

Air yang sudah dicampurkan dengan essential oil dengan perbandingan takaran yang telah ditentukan akan diproses menjadi uap  dengan cara dipanaskan. Dengan bantuan angin, uap air tersebut dapat menyebar di area ruangan tersebut.


Uap yang dihasilkan akan tampak seperti kabut halus dengan aroma yang mampu merelaksasi tubuh dan pikiran.


Berdasarkan cara kerjanya, Diffuser dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut: 


Diffuser Lilin (candle diffuser)


Salah satu jenis Diffuser yang paling banyak dijumpai khususnya di tempat spa yaitu Diffuser Lilin. Jenis Diffuser yang satu ini kini juga banyak diminati untuk digunakan di rumah sebagai aromaterapi.


Dari segi harga, Diffuser lilin ini cukup terjangkau jika dibandingkan dengan jenis Diffuser lainnya. Cara kerja Diffuser Lilin yaitu melakukan penguapan dengan menggunakan suhu panas. 


Cara menggunakan Diffuser lilin yaitu dengan menuangkan air dan essential oil (sesuai takaran) ke dalam wadah diffuser. Kemudian panaskan dengan lilin yang sudah dinyalakan dibawahnya. 


Fungsi lilin ini sebagai tungku penghasil panas untuk membantu proses penguapan. Namun proses penguapan dengan metode ini dapat mengurangi kualitas dan manfaat dari minyak esensial nya sendiri. Sehingga penggunaan essential oil dengan menggunakan Diffuser Lilin dirasa kurang efektif sebagai aromaterapi.


Diffuser Keramik (ceramic diffuser)


Diffuser keramik merupakan salah satu jenis Diffuser yang terbuat dari keramik atau tanah liat itu sebabnya jenis diffuser yang satu ini dinamakan Diffuser Keramik.


Untuk cara kerjanya tentu berbeda dengan diffuser lilin. proses penguapan essential oil menjadi aromaterapi pada diffuser keramik menggunakan gelombang ultrasonik (suara).


Cara menggunakan Diffuser Keramik yaitu tuangkan air dan essential oil (sesuai takaran) ke wadah diffuser. Dengan gelombang suara ultrasonik tersebut akan mengubah minyak esensial tersebut menjadi uap.


Reed Diffuser


Jenis diffuser yang satu ini terbilang cukup unik. Jika dilihat secara sekilas tidak berbeda dengan vas bunga.Karena bentuknya hanya berupa botol berisi air dengan batang rotan di atasnya.


Batang rotan inilah yang berperan untuk menyebarkan essential oil sebagai aromaterapi. Jadi cara kerja Reed Diffuser tidak menggunakan suhu panas, gelombang ultrasonik maupun energi listrik, melainkan batang rotan.


Essential oil yang telah tercampur dengan air tersebut akan terserap ke batang rotan. Dengan bantuan angin di ruangan tersebut senyawa yang terserap pada batang rotan akan menguap ke udara dan menyebarkan aroma wangi dari essential oil tersebut.


Cara menggunakan diffuser jenis ini cukup mudah hanya dengan memasukkan air dan essential oil ke dalam botol (sesuai takaran), kemudian masukkan batang rotan ke dalam botol tersebut.


Electric Diffuser


Jenis diffuser berikutnya yaitu Electric Diffuser. Jenis diffuser yang satu ini melakukan penguapan dengan energi listrik atau elektrik.


Electric Diffuser menjadi salah satu diffuser yang banyak dipakai oleh masyarakat sebagai alat untuk menggunakan essential oil sebagai aroma terapi.


Cara menggunakan Electric Diffuser sangat mudah, pasang charger diffuser pada lubang yang sudah tersedia, colokkan ke terminal listrik. Isi air dan essential oil pada wadah diffuser (sesuai takaran), tekan tombol “ON” dan diffuser sudah mulai bekerja mengeluarkan uap aromaterapi.


Cara kerja Electric Diffuser yaitu energi listrik yang dihantarkan melalui charger tadi akan menggerakkan kipas yang terdapat pada diffuser. Kipas listrik pada diffuser tersebut mengubah minyak esensial tersebut menjadi uap yang menyebar ke udara.


Anda bisa dapatkan Electric Diffuser disini.


Produk yang Diulas :
(Bundle) 500 ml Diffuser Elektrik + Duo Essential Oil Capsen by Bob
Mar 17, 2021
Tetap Sehat di Era Covid 19? Ini Dia Segudang Manfaat Essential Oil


Menjaga kesehatan merupakan sebuah keharusan namun kadang kala tidak sedikit dari kita yang mengabaikan hal tersebut. Namun semenjak adanya pandemi Covid-19 ini mendadak orang-orang menjadi “bar-bar” seakan berlomba-lomba membeli berbagai kebutuhan untuk menunjang kesehatan tubuh mereka.


Dari mulai vitamin, masker, hand sanitizer hingga essential oil yang baru-baru ini semakin booming dikalangan masyarakat.


Berbicara mengenai Essential Oil, minyak yang satu ini tidak hanya menawarkan aroma yang menyegarkan tapi juga memiliki segudang manfaat dari berbagai sisi.


Sebelum kamu menggunakan minyak esensial yang sedang kekinian, tentu saja kamu harus tahu benefit yang dimiliki Essential Oil ini agar kamu tidak dianggap ikut-ikutan.


Manfaat Essential Oil Untuk Kesehatan Mental


Kadangkala kita terlalu fokus mencari berbagai produk yang dapat menjaga kesehatan tubuh, padahal kesehatan mental menjadi salah satu hal yang tidak kalah pentingnya.


Kondisi mental kamu berpengaruh terhadap kondisi kesehatan bahkan kehidupan kamu lho!


Mental yang sehat membuat kamu menjadi lebih bahagia. Ketika kamu merasa bahagia tentu tubuh juga akan merespon dengan baik dan membuat kamu menjadi tidak mudah sakit.


Nah, penggunaan Essential Oil ini dapat membantu menjaga kesehatan mental kamu. Berikut ini beberapa manfaat Essential Oil bagi kesehatan mental:


Mengurangi Hormon Stres


Dari sebuah riset didapatkan fakta bahwa penggunaan minyak esensial dapat mengurangi kadar hormon yang menyebabkan stres. 


Minyak yang terbuat dari berbagai bahan herbal yang diekstraksi ini memberikan efek ketenangan bagi mereka yang menghirup aroma dari Essential Oil ini.


Ketika kamu merasa penat karena aktivitas yang begitu padat, kamu bisa rehat sejenak dengan menyalakan Diffuser yang sudah terisi Essential Oil Lavender sebagai aromaterapi dibarengi dengan alunan musik yang menenangkan hati.


Minyak esensial dengan aroma Lavender ini memang sangat cocok digunakan sebagai aromaterapi saat kamu merasa begitu stres karena kandungannya yang mampu menyeimbangkan hormon stres atau yang biasa disebut dengan kortisol.


Membuat Rileks


Anxiety merupakan salah satu gangguan kesehatan mental berupa kecemasan yang banyak dialami oleh masyarakat pada masa kini.


Bagaimana tidak, masuknya pandemi Covid19 ini menimbulkan banyak kerugian dari segi ekonomi dan mengancam kesehatan masyarakat dunia tentunya.


Kondisi ini memberikan tekanan terhadap masyarakat sehingga memicu tidak sedikit individu mengalami anxiety atau rasa cemas berlebih.


Perasaan cemas berlebih ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan jika dibiarkan begitu saja bisa mengganggu kesehatan psikis kamu.


Penggunaan Diffuse Essential Oil ini dapat membantu membuat pikiran kamu menjadi lebih rileks dan anti anxiety-anxiety club.


Sebar uap-uap anti anxiety dengan aroma yang menyegarkan dan menenangkan di kamar kamu atau di ruang keluarga agar kamu dan keluarga dapat merasakan benefit dari Essential Oil ini.


Capsen.id menyediakan paket bundling Anti Anxiety untuk kamu yang ingin merasakan hidup lebih tenang dan rileks sepanjang hari.


Mood-Boosting


Rasa Bete alias Bad Mood bisa menyerang kapan saja dan siapa saja tanpa mengenal kasta :-D.


Mood yang rendah dapat menyebabkan kamu malas untuk melakukan apa saja. Hal tersebut tentu saja menghambat aktivitas keseharian kamu seperti bekerja, berkarya, belajar dan aktivitas lainnya.


Bad Mood bahkan berbahaya karena membuat kamu merasa kesal dan jengkel tanpa alasan. Untuk itu kamu perlu menjaga mood kamu tetap stabil agar aktivitasmu berjalan dengan lancar.


Cara mudah meningkatkan mood kamu yaitu dengan menghirup minyak esensial. Berbagai kandungan tanaman herbal dari minyak esensial ini memiliki manfaat salah satunya dapat memicu meningkatkan hormon bahagia dan menghilangkan kelelahan dalam tubuh dan pikiran.


Manfaat Essential Oil Bagi Kesehatan


Dari segi kesehatan, Essential oil memiliki begitu banyak manfaat. Minyak esensial ini selain dapat digunakan sebagai aromaterapi (sekaligus pengharum ruangan) tentu saja aroma yang berasal dari berbagai tanaman herbal pada essential oil memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.


Apa saja sih manfaat Essential Oil bagi kesehatan? Berikut ini akan dijelaskan manfaat minyak esensial bagi kesehatan.


Mengatasi Sakit Kepala / Migrain


Ketika kamu merasa sakit kepala atau migrain, kamu dapat menggunakan essential oil sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala kamu.


Kamu dapat menggunakan essential oil tersebut dengan cara men-Diffuse-essential oil tersebut atau mengoleskannya langsung pada bagian dahi atau pelipis.


Karena Essential Oil tidak hanya dapat digunakan dengan menggunakan alat Diffuser tapi juga bisa digunakan langsung dengan cara mengoleskan langsung pada anggota tubuh kamu.


Akan tetapi perlu diperhatikan, penggunaan Essential Oil dengan cara mengoleskannya langsung hanya boleh dilakukan ketika Essential Oil tersebut memiliki campuran Carrier Oil.


Rekomendasi essential oil yang dapat membantu menghilangkan sakit kepala kamu yaitu Peppermint, Rosemary,Lavender, Mint Lavender, Eucalyptus.

  

Kini mengatasi rasa sakit kepala atau migrain tak melulu harus mengkonsumsi obat yang pahit, cukup dengan menghirup aroma essential oil. 


Namun jika kamu mengalami sakit kepala berat, tentu saja kamu harus konsultasi dengan Dokter.


Mengatasi Insomnia


Insomnia merupakan salah satu penyakit gangguan tidur yang banyak dirasakan masyarakat. Insomnia menyebabkan penderitanya mengalami susah tidur. Tentu saja hal ini membuat istirahat kamu jadi tidak masksimal.


Kurangnya istirahat tidak hanya mengganggu produktifitas kamu bahkan dapat memicu timbulnya masalah kesehatan tubuh lainnya.


Essential Oil bisa menjadi solusi untuk mengatasi gangguan tidur tersebut. Aroma dari Essential Oil dapat membuat kamu menjadi lebih rileks sehingga dapat membantu kamu menjadi mudah tidur dan terlelap.


Meningkatkan Energi Tubuh


Saat tubuh mulai lelah dan letih, kamu butuh asupan untuk me-recharge energi agar semangat untuk beraktivitas kembali.


Selain makanan, essential oil juga dapat membantu memulihkan kembali energi tubuh kamu loh. Terlebih untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, cara yang satu ini cocok sekali untuk kamu coba.


Kamu bisa menggunakan Essential oil dengan aroma peppermint dan citrus untuk mengembalikan energi kamu yang sudah terkuras karena berbagai aktivitas.


Meningkatkan Imunitas Tubuh


Menjaga tubuh tetap sehat merupakan sebuah keharusan. Ditambah dengan kondisi pandemi covid19 membuat kita semua menjadi was-was dan berusaha untuk tetap menjaga imunitas.


Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, vitamin, olahraga dan budayakan hidup bersih, essential oil juga bisa dimasukkan list kebutuhan selama pandemi.


Karena Essential Oil memiliki kandungan bahan herbal yang baik untuk meningkatkan imunitas seperti Eucalyptus, Lemon,Rosemary dan Peppermint.


Meredakan Rasa Nyeri Pada Tubuh


Ketika tubuh mulai merasa pegal, nyeri otot, itu tandanya kamu butuh rehat sambil tekan tombol ON Diffuser kamu.


Karena Essential Oil juga memiliki manfaat untuk kesehatan salah satunya yaitu meredakan rasa nyeri pada tubuh.


Aroma chamomile pada essential oil mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai anti inflamasi dan menghilangkan rasa nyeri pada otot.


Sebagai Antibiotik


Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri. Senyawa yang terdapat pada minyak esensial dapat berfungsi sebagai antibiotik.


Dengan menggunakan essential oil dapat mendetoksifikasi berbagai racun dan mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh kamu.


Manfaat Essential Oil Berdasarkan Aroma


Setiap aroma dari Essential Oil memiliki manfaat yang berbeda. Karena tiap aroma tentunya memiliki kandungan senyawa yang berbeda tergantung dari tanaman herbal apa yang dijadikan komposisi minyak esensial tersebut.


Untuk itu kamu perlu tahu manfaat essential oil berdasarkan aroma nya agar kamu bisa membeli dan menggunakan essential oil sesuai dengan kebutuhan dan keluhan yang sedang tubuh kamu rasakan.


Essential Oil Peppermint


Salah satu tanaman herbal yang digunakan sebagai komposisi minyak esensial adalah peppermint.


Manfaat essential oil peppermint yaitu sebagai berikut:

  • Mengurangi iritasi pada sistem pencernaan
  • Meredakan sakit kepala
  • Mendetoks tubuh
  • Mengatasi mual
  • Baik untuk sistem pencernaan
  • Mengatasi diare dan kram perut


Essential Oil Lemon


Manfaat essential oil lemon yaitu sebagai berikut:

  • Mendetoks tubuh
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Meningkatkan mood
  • Membantu mengatasi jerawat
  • Membantu mengatasi stres dan depresi
  • Merawat kesehatan kuku


Essential Oil Lavender


Manfaat essential oil lavender yaitu sebagai berikut:

  • Merilekskan pikiran
  • Meredakan sakit kepala
  • Membantu merawat kesehatan kulit
  • Membantu mengusir serangga
  • Membantu merawat kesehatan rambut
  • Membantu mengatasi insomnia
  • Membantu mengatasi gejala PMS


Essential Oil Grapefruit (Jeruk bali merah)


Manfaat essential oil grapefruit adalah sebagai berikut:

  • Membantu menahan rasa lapar
  • Membantu menjaga kesehatan kulit
  • Membantu menjaga kesehatan kuku
  • Meningkatkan mood


Essential Oil Chamomile


Manfaat essential oil chamomile adalah sebagai berikut:

  • Membantu mengatasi insomnia
  • Membantu merilekskan pikiran
  • Membantu menghilangkan stres
  • Membantu mencegah tukak lambung


Essential Oil Sandalwood


Manfaat essential oil sandalwood adalah sebagai berikut:

  • Membantu merawat kesehatan kulit
  • Meningkatkan kinerja otak dan daya ingat
  • Merilekskan dan menenangkan pikiran


Essential Oil Ylang-Ylang


Manfaat essential oil sandalwood adalah sebagai berikut:

  • Membantu mengatasi tekanan darah tinggi
  • Mengusir serangga
  • Meningkatkan mood
  • Meredakan kecemasan